get app
inews
Aa Read Next : Sukseskan Pesta Demokrasi 2024, PEMA Unmuha Banda Aceh Deklarasi Pemilu Damai

120 Orang Tewas saat Perayaan Pesta Halloween di Seoul Korsel

Senin, 31 Oktober 2022 | 09:55 WIB
header img
Sebanyak 120 orang tewas saat perayaan pesta Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel). (Reuters)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Sebanyak 120 orang tewas saat perayaan pesta Halloween di Itaewon, Seoul , Korea Selatan (Korsel). Korban tewas akibat terinjak-injak. Kantor berita Yonhap melaporkan, peritiwa itu terjadi pada Sabtu (29/10/2022).

Orang-orang terinjak dan meninggal dunia karena padatnya kerumunan di dekat Hotel Hamilton, di mana pesta itu digelar.

"Area itu masih kacau, jadi kami masih berusaha mencari tahu jumlah pasti orang yang terluka," kata Moon Hyun-joo, seorang pejabat di Badan Pemadam Kebakaran Nasional.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional dalam sebuah pernyataan mengatakan, para pejabat masih berusaha menentukan jumlah pasti pasien darurat. Menurutnya, Itaewon adalah tujuan populer bagi orang-orang yang merayakan Halloween di ibu kota Korea Selatan.

Pejabat dari Badan Pemadam Kebakaran Nasional, Choi Cheon-sik mengatakan, sekitar 100 orang dilaporkan terluka selama gelombang kerumunan Sabtu malam di distrik rekreasi Itaewon dan sekitar 50 dirawat karena serangan jantung.

Dia mengatakan, lebih dari 400 tim medis dari seluruh negeri dikerahkan untuk merawat korban luka.

Tayangan TV dan foto dari tempat kejadian terlihat ambulans berbaris di jalan-jalan.

Tampak juga tim medis memindahkan korban terluka dengan tandu. Mereka terlihat melakukan CPR ke orang-orang yang tergeletak di jalanan.

Di satu bagian, paramedis terlihat memeriksa orang-orang yang terbaring. Mereka terlihat tak bergerak dan ditutupi selimut biru.

Polisi lalu lintas juga tampak sibuk mengatur jalanan agar ambulans dapat membawa para korban ke rumah sakit.

Pemerintah Metropolitan Seoul mengeluarkan pesan teks darurat, mereka meminta orang-orang di daerah itu untuk segera kembali ke rumah.

Seorang petugas polisi setempat mengatakan dia juga diberitahu bahwa terjadi penyerbuan di jalan-jalan Itaewon di mana kerumunan orang berkumpul untuk perayaan Halloween.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengeluarkan pernyataan yang memerintah para pejabat untuk memastikan perawatan bagi korban.

Dia juga meminta untuk meninjau keamanan di lokasi perayaan. Dia juga menginstruksikan Kementerian Kesehatan untuk segera mengerahkan tim bantuan medis bencana dan mengamankan tempat tidur di rumah sakit terdekat untuk merawat yang terluka.

Media lokal mengatakan sekitar 100.000 orang merayakan Halloween di jalan-jalan Itaewon.

Ini menjadi perayaan yang terbesar sejak awal pandemi setelah pelonggaran pembatasan Covid-19.

 

Berita ini juga tayang di : https://www.inews.id/news/internasional/120-orang-tewas-saat-perayaan-pesta-halloween-di-seoul-korsel/all.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut