get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Aceh Ramadhan Festival, Menparekraf RI : Ini Akan Jadi Wisata Religi Nomor 1 di Indonesia

Usai Dari Jakarta, Pj Bupati Aceh Barat Kunjungi Desa Terdampak Banjir

Selasa, 08 November 2022 | 23:48 WIB
header img
Usai Dari Jakarta, Pj Bupati Aceh Kunjungi Desa Terdampak Banjir.(Foto: iNews/ Afsah).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id - Usai lakukan perjalanan dinasnya dari jakarta Penjabat Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi langsung melakukan kunjungan ke lokasi banjir di Desa Napai dan Blang Cot Rubek, Kecamatan Woyla Barat, Selasa (08/11/2022).

Disela kunjungan itu, Pj Bupati Mahdi menyempatkan diri lakukan pemantauan terhadap sungai dan fasilitas umum lain yang terdampak banjir.

"Ini menjadi perhatian serius agar musibah banjir tidak terus terulang setiap tahunnya, Ini mesti ada tindakan nyata untuk penanggulangan kebencanaan di daerah," ungkap Mahdi.

Ia menegaskan tidak ada kata tidak siap bagi Pemerintah di setiap jenjang dan kewenangannya untuk menangani bencana, Pemerintah harus hadir di tengah rakyatnya, dan itu adalah kewajiban sebagai pelayan yang sesungguhnya.

Menurut nya, langkah jangka pendek Pemerintah adalah penanganan dampak banjir yakni dengan memberikan bantuan bahan pokok bagi warga terdampak, berupa bantuan mendasar yang dibutuhkan.

Namun jangka panjang, harus ada upaya komprehensif pengkajian akar permasalahan penyebab banjir selain disebabkan curah hujan.

"Kemaren sudah turun pak Sekda dan instansi terkait, seperti Dinsos, kita mengecek langsung keadaan warga, dan sudah Didistribusikan bantuan dan juga warga yang sakit juga sudah kita siapkan posko pelayanan kesehatan, bila mendesak harus segera ada langkah yang tepat untuk penanganan nya," tegas Mahdi.

Orang nomor satu di Bumi Teuku umar tersebut juga telah menginstruksikan kepala Dinas PUPR dan BPBD agar agar segera melakukan tindakan penanganan sungai dengan berkoordinasi bersama tim Balai wilayah sungai sumatera 1 (BWSS1) di Banda Aceh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis PUPR, Kadis kominsa, kalak BPBD, Kadis Sosial, Kadishub, Camat Woyla Barat, Kapus Woyla Barat serta masyarakat sekitar.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut