get app
inews
Aa Read Next : Israel Balas Serangan Iran, Rudal Hantam Bandara di Iran

Miris, Nyawa Puluhan Bayi Terancam usai Israel Terus Bombardir RS di Gaza

Senin, 13 November 2023 | 05:15 WIB
header img
Keterangan Foto: Nyawa puluhan pasien di Gaza terancam karena pasokan listrik diblokade Israel. (Foto: Twitter Piers Morgan)

YERUSALEM, iNewsPortalAceh.id - Nyawa pasien dan puluhan bayi di Rumah Sakit Al Shifa, Gaza, Palestina terancam usai tak ada pasokan listrik akibat blokade Israel.Setidaknya, dua bayi tewas di RS tersebut.

Melansir dari Reuters, Minggu (12/11/2023), Israel memfokuskan serangan ke RS Al Shifa dan rumah sakit lainnya di Gaza.

Israel mengklaim Hamas bersembunyi di terowongan bawah tanah rumah sakit.

Jubir Departemen Kesehatan Gaza, Ashraf Al-Qidra, mengatakan bahwa tembakan Israel tidak mengenainya secara langsung semalam tetapi meneror petugas medis dan warga sipil.

Al-Qidra mengatakan ada 45 bayi secara keseluruhan di rumah sakit dan dua di antaranya telah meninggal.

"Kami tidak diberi tahu tentang mekanisme apa pun untuk mengeluarkan bayi-bayi itu ke rumah sakit yang lebih aman," katanya menanggapi rencana Israel untuk mengevakuasi bayi.

Di Rumah Sakit Indonesia, seorang bayi laki-laki, telah dilarikan dari rumah yang dihantam oleh rudal Israel.

"Dia mengalami luka langsung di kepala dan pendarahan, dan kami tidak punya peralatan bedah," kata salah satu petugas medis.

Sementara itu, RS Al Quds sudah tidak bisa diakses selama seminggu. Tidak ada jalan masuk dan tidak ada jalan keluar. RS Al Shifa juga tidak dapat dijangkau oleh yang baru terluka.

"Rumah sakit Shifa sekarang tidak berfungsi, tidak ada yang diizinkan masuk, tidak ada yang diizinkan keluar," ujar salah satu dokter.

Wartawan Senior Inggris Piers Morgan juga menyerukan keprihatinannya terkait situsi di RS Gaza.

"Ini begitu menyedihkan. Puluhan bayi yang baru lahir terpisah dari inkubator mereka di rumah sakit Al-Shifa di Gaza karena kehabisan listrik oksigen. Israel harus melakukan lebih banyak untuk menjaga mereka agar aman dan mendapatkan perawatan medis. Segera," tuturnya di X.

Israel mengklaim pasien bisa dievakuasi dengan aman dari tiga rumah sakit di utara Gaza, termasuk Shifa melalui salah satu pintunya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut