get app
inews
Aa Read Next : SMPN 1 Trienggadeng Sembelih 7 Ekor Sapi, 4 Domba dan 2 Kambing Qurban

Sekolah Lapang Tahap Dua Ajarkan Cara Kendalikan Hama Tikus

Rabu, 23 November 2022 | 13:57 WIB
header img
Sekolah Lapang Tahap Dua Ajarkan Cara Kendalikan Hama Tikus.(Musriadi).

BIREUEN, iNewsPortalAceh.id- Petani di ajarkan cara mengusir hama tikus di sawah, dalam sekolah lapang tahap dua atau rembuk tani gabungan yang di laksanakan oleh dinas pertanian dan perkebunan Kabupaten Bireuen di Desa Meunasah Bungo,  Kecamatan Peudada, dengan melibatkan tujuh puluh lima petani yang tergabung dalam tiga kelompok.

Tiga kelompok tani yang berada dalam kecamatan peudada mengikuti sekolah lapang ipdmip tahap dua di desa meunasah bungo, tiga kelompok tani itu berasal dari desa tanhong seulamat, kelompok tani jaya, dari Desa Meunasah Bungo kelompok tani karya tani 1, dari desa mesjid kelompok tani mesjid jaya, masing-masing kelompok membawa 25 peserta untuk mengikuti sekolah lapng tahap dua tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pengurus kelompok tani dan anggota kelompok, koordinator BPP, PPL balai penyuluhan pertanian peudada dan staf lapang ipdmip

Selanjutnya materi disampaikan oleh ppl pak hendra mengenai bahaya bahan kimia, dilanjutkan praktek yang diarahkan langsung oleh petugas ppl mengenai cara mengusir hama tikus dengan pengemposan menyomprotkan asap kedalam lubang yang ada hama tikus.

Sementara itu, Iswandi, Kepala BPP Kecamatan Peudada, mengatakan ketergantungan terhadap bahan-bahan kimia (pupuk kimia) harus segera kita tinggalkan.

kita harus menggali bahan-bahan disekitar kita yang bisa kita manfaatkan untuk mengganti bahan kimia tersebut, sudah saatnya kita kembali ke alam, banyak mikroorganisme yang dapat kita manfaatkan untuk proses kelestarian lingkungan kita.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut