get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Peserta Pawai Obor Meriahkan HUT RI Ke-79 di Kabupaten Pidie Jaya Aceh

8 Sekolah Dasar Ikut Pemetasan dan Pameran Seni di Pidie Jaya

Rabu, 23 November 2022 | 20:33 WIB
header img
8 Sekolah Dasar Ikut Pemetasan dan Pameran Seni di Pidie Jaya.(JamalPangwa/MNC)

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat mengelar pemetasan dan Pameran seni khusus siswa- siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kegiatan tersebut di pandu langsung oleh MC Intan, serta acara itu di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pidie Jaya, Hauren Ayny,Spd pada Rabu 23 November 2022 sekitar pukul 09.30 WIB.

Acara yang menampilkan berbagai tarian dan budaya itu di gelar di aula Sekolah Menengah Akhir (SMU) Unggul setempat di Desa Rungkom, Kecamatan Meureudu, Kabupaten setempat.

Hauren Ayny menyatakan kegiatan tersebut sebagai ajang untuk peningkatan daya tarik para siswa dan siswi di tingkat SD dan SMP dalam wilayah Kabupaten Pidie Jaya untuk mencintai seniman khas budaya tanah rencong Aceh.

Dimana, pemetasan dan Pameran tersebut merupakan hasil pembelajaran gerakan seniman masuk sekolah (GSMS) Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sementara itu Syah Husni, menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung dengan adanya pengeluaran kegiatan pemetasan dan Pameran seni yang di tampilan olah anak-anak didik dari SD dan SMP.

"Ini bentuk mentransfer ilmu seni kepada anak- anak didik, jadi kegiatan ini sangat bermanfaat, maka itu kami minta agar program ini terus di kembangkan kan agar anak- anak didik bisa belajar tentang ilmu seni yang kita miliki," sebuah Syeh Husni.

Selain itu, kata dia, dengan adanya kegiatan ini bahwa kabupaten Pidie jaya mulai peduli dengan kebudayaan dan seni.

"Jadi dengan begini kan sudah ada bibit seni nanti kedepan, kalau tidak mereka tak tau yang mana tarik seni khas budaya, yang mana tarik kreasi dan yang mana tarik tradisi kita, sekarang Alhamdulillah Pidie Jaya bisa kita tampilkan di tingkat provinsi dan nasional," imbuh Syah Husni.

Acara yang berjalan khimad dengan menampilkan berbagai tarian seperti Tari Peumulia Jamee dari SDN 20 Bandar Baru, Tarian Tarek Pukat dari SDN 3 Pante Raja, Meureukon dari SDN 11 Bandar Dua, Zikir Maulid dari SDN 7 Ulim, Musik Garapan dari SDN 5 Trienggadeng, Tari Likok Pulo dari SDN 10 Meureudu, Tari Geudeu Geudeu dari SDN 1 Meureudu dan Seudati dari SDN 3 Meurah Dua.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut