get app
inews
Aa Read Next : Wisatawan ke Sabang Membeludak di Libur Lebaran, Kapal Penyeberangan dari Banda Aceh Ditambah 7 Trip

Menjelajahi Pesona Pulau Banyak di Aceh, Menikmati Taman Laut hingga Island Hopping

Minggu, 18 Desember 2022 | 08:59 WIB
header img
Menjelajahi Pulau Banyak di Aceh (Foto: Instagram@go.pulaubanyak)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Pulau Banyak yang ada di Aceh memiliki keindahan alam yang menawan untuk dijelajahi. Destinasi ini dikenal memiliki gugusan pulau kecil nan eksotis. Aceh menyimpan sejuta pesona alam yang selalu menarik untuk dijelajahi.

Jika tengah berkunjung atau tinggal di Aceh, jangan lewatkan untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata indah bernama Pulau Banyak.

Keunikan lain yang harus diketahui dari Pulau Banyak adalah pulau ini memiliki satu pulau unik yang hanya muncul saat air laut surut.

Penasaran ingin tahu lebih banyak mengenai Pulau Banyak? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (15/12/2022).

Pulau Banyak Pulau Banyak adalah kecamatan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang memiliki 63 pulau, dan terletak di sebelah barat Kabupaten Aceh Singkil.

Berada di sini, Anda dapat menikmati keindahan Pulau Panjang, Malelo, Rangit, dan pulau-pulau lainnya yang memiliki pantai berpasir putih lembut.

Bahkan, air laut di sini sangat jernih berwarna hijau tosca, dan bergradasi. Siapa saja yang melihat keindagan Pulau Banyak akan betah untuk berlama-lama di sini.

Daya tarik Pulau Banyak. Salah satu yang menarik dari Pulau Banyak adalah memiliki gugusan pulau.

Ya, pulau ini seolah seperti taman laut yang tersembunyi di Aceh. Salah satu yang menarik perhatian adalah Pulau Malelo.

Pulau Malelo akan terlihat ketika air laut surut. Namun, ketika air laut pasang, pulau ini lenyap begitu saja.

Adapun tempat yang direkomendasikan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pulau ini adalah dengan bermalam di resor yang ada di Pulau Panjang.

Resor yang disediakan di Pulau Banyak memiliki harga yang lumayan terjangkau, yaitu Rp450.000 - Rp700.000 tergantung tipe resor yang dipilih.

Resor di Pulau Panjang menawarkan pemandangan kamar berupa pantai dengan jejeran pohon kelapa mendayu-dayu lembut karena terpaan angin laut.

Bangun di pagi hari, akan disambut dengan lembutnya cahaya mentari, sedangkan saat sore hari bisa bersantai sambil menunggu matahari terbenam (sunset) dengan latar pantai.

Dijamin membuat liburan tak terlupakan. Aktivitas di Pulau Banyak. Berbagai aktivitas yang bisa dicoba ketika berada di Pulau Banyak adalah, berenang.

Jernihnya air laut, dengan tipe ombak tenang memungkinkan Anda untuk berenang dengan santai di perairan tersebut.

Bisa juga untuk berkemah.

Kegiatan ini menjadi pilihan aktivitas yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan di Pulau Banyak.

Tidur di alam terbuka, diiringi deburan ombak pantai yang memecah keheningan malam, akan membuat liburan lebih dari mengesankan.

Aktivitas lainnya adalah menyalakan api unggun. Jika datang bersama dengan teman-teman atau keluarga, berkumpul mengelilingi api unggun menjadi pengalaman seru.

Sebab, api unggun dapat menghangatkan tubuh dari dinginnya angin laut malam. Selanjutnya, Island Hopping. Pastikan Anda datang ke Pulau Banyak dengan keadaan bugar.

Karena, akan rugi rasanya jika ke Pulau Banyak tanpa menjelajahi pulau-pulau indah yang ada di sekitar menggunakan jasa perahu nelayan lokal di Pulau Banyak.

Cara ke Pulau Banyak. Untuk mencapai Pulau Banyak ada dua rute yang dapat ditempuh. Mengutip dari laman Dishub Pemprov Aceh yaitu, salah satunya melalui jalur Banda Aceh - Singkil (perjalanan menggunakan moda transportasi umum) - membeli tiket di terminal Batoh dan Lueng Bata seharga Rp220.000 - Rp250.000.

Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh 646 kilometer atau waktu tempuh kurang lebih 12 jam 46 menit.

Jika ingin melewati jalur Medan, Anda bisa berangkat dari Medan menggunakan mobil pribadi dengan jarak tempuh sejauh 268 km atau sekitar 7 jam 24 menit.

Alternatif lain yang bisa digunakan adalah pesawat. Dari Bandara Kualanamu - Singkil, kemudian dilanjutkan dengan kapal ferry di pelabuhan Tambat Boat di Jembatan Tinggi Pulo Sarok untuk menuju Pulau Banyak.

Tips mengunjungi Pulau Banyak.

Bagi yang akan merencanakan liburan ke Pulau Banyak, sangat penting untuk menentukan waktu tepat seperti menghindari musim penghujan.

Karena, Anda akan menghabiskan banyak aktivitas di luar ruangan. Pada Juli - September menjadi pilihan waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Banyak.

Untuk menikmati keindahan Pulau Banyak, Anda bisa menyewa jasa nelayan dengan perahu.

Oleh karena itu, penting untuk mencari nelayan yang paham akan kondisi laut di Pulau Banyak.

Bawa perlengkapan medis, berupa obat-obatan pribadi yang biasa digunakan.

Hal ini penting sebagai pertolongan pertama, mengingat Anda tengah berlibur di pulau yang jauh dari faskes.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut