get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Perempuan Cantik Melly Puspita, Anak Penjual Bubur Lulus Predikat Cumlaude dari ITB

Ratusan Mahasiswa Unmuha Aceh Ikut PBL di Pidie Jaya, Target Turunkan Angka Stunting

Selasa, 17 Januari 2023 | 18:11 WIB
header img
Ratusan Mahasiswa Unmuha Aceh Ikut PBL di Pidie Jaya.(iNews/ Jamalpangwa).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Sejumlah ratusan mahasiswa dari universitas Muhammadiyah Aceh melakukan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Kegiatan serah terima mahasiswa praktek belajar lapangan (PBL) universitas Muhammadiyah Aceh tahun 2023 di laksanakan dihalaman kantor dinas kesehatan dan KB Pidie Jaya pada 17 Januari 2023 pukul 14.00 WIB.

Acara yang di bukan langsung oleh Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas melalui Asisten 1 Said Abdullah, menyebutkan bahwa tahun ini ada 130 orang mahasiswa yang di tempatkan di Kecamatan Ulim selama 10 hari dalam program PBL.

"Kita ke lapangan Ini adalah titik berat yang memang harus kita kerjakan Karena sekarang isu strategisnya adalah untuk penurunan stunting di seluruh Indonesia, saat ini Pidie Jaya berada di angka 29 stunting, kita harapkan bisa turun ke angka 14 nantinya," ujar Said Abdullah.

Selain itu, Said Abdullah berharap semua pihak bisa bekerja sama dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten berjulukan kawasan penghasil kakao terbesar di Aceh ini.

"Ini butuh peran kerja keras kita semua, Alhamdulillah hari ini adik-adik mahasiswa ada bersama kami di Pidie Jaya, ini satu keberuntungan untuk kami sehingga dengan peran adik mahasiswa nantinya di desa setidaknya di Kecamatan Ulim dengan penyuluhan, dengan tindakan, dengan kerjasama yang baik ini bisa kita turunkan stunting dari angka 29 ke angka 14 nantinya," imbuh Said Abdullah.

Said Abdullah, dihadapan ratusan mahasiswa Unmuha Aceh juga menyentil dengan pola hidup warga Pidie Jaya yang tak sehat dengan kondisi memiliki MCK di atas saluran irigasi di beberapa Desa di Kabupaten tersebut.

"Untuk kesehatan lingkungan, kalau kita lihat memang masalah lingkungan masih belum maksimal di Pidie Jaya, kita harap di Kecamatan Ulim tak ada mck di atas saluran, dengan ada nya "minimarket" berarti perilaku belum belum bagus masyarakatnya masih membuang atau pun BAB di sembarang tempat," jelas Said Lah.

Sementara itu Camat Ulim, Riski Syakdan, menyebutkan berharap kegiatan Praktek Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa Unmuha bisa sebulan di Kecamatannya.

"Agenda tujuan dan maksud sudah jelas cuman kami tadi juga berdiskusi juga dengan Pak prof alangkah bagusnya kalau bisa jangan 10 hari, kalau bisa satu bulan mereka di sini," sebut Riski.

Riski, bahwa dirinya percaya kepada adik-adik mahasiswa nantinya saat sudah langsung ke desa-desa mereka bisa mewarnai, minimal sekali mereka bisa memberikan masukan, potensi Apa saja tentang hal-hal kesehatan yang bisa dikembangkan.

Selain itu, kata Riski bahwa Kecamatan ini terdiri dari 30 desa terbagi menjadi lima Kemukiman, potensinya memiliki laut, memiliki dataran pegunungan dan juga persawahan.

Dimana Kecamatan ini masyarakatnya 75% mata pencaharian di bidang persawahan, tapi tidak menutup kemungkinan juga ada perkebunan dan perikanan.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut