get app
inews
Aa Read Next : KPK Tetapkan Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo Tersangka

Pemkab Gayo Lues Raih Nilai Tertinggi MCP KPK 75,89 Persen

Sabtu, 04 Februari 2023 | 19:13 WIB
header img
Pemkab Gayo Lues Raih Nilai Tertinggi MCP KPK 75,89 Persen.(iNews/ Dosaino Ariga).

GAYO LUES, iNewsPortalAceh.id - Pj Bupati Gayo Lues Ir H Rasyidin Porang, mengapresiasi kinerja Inspektorat setempat, yang telah berupaya meningkatkan integritas melalui program Monitoring Center For Prevention (MCP KPK).

Apresiasi ini diberikan bukan tanpa alasan, hal itu terlihat dari peningkatan capaian nilai yang diperloeh sebesar 75,89 persen pertanggal 31 Desember 2022, dimana Gayo Lues menargetkan nilai capaian tahun 2022 sebesar 69 persen.

“Awal kami sebagai Pj Bupati, capaian masih 42 persen pertanggal 29 September 2022 dan per tanggal 29 oktober 2022 naik sebesar 55 persen dan per tanggal 25 November 2022 mencapai nilai 74 persen,” kata Pj Bupati, Jumat 3 Februari 2023.

Capaian ini tegasnya, merupakan merupakan nilai tertinggi sejak Kabupaten Gayo Lues mengikuti program MCP KPK sejak tahun 2018 lalu hingga tahun 2022.

Rasyidin juga merincikan, pada tahun 2018 lalu, capaian nilai yang diperoleh Kabupaten Gayo Lues hanya sebesar 17 persen.

Kemudian tahun 2019 naik sebesar 41 persen dan tahun 2020 kembali naik sebesar 51,7 persen. Bahkan ditahun 2021 juga naik menjadi 64,9 persen.

Namun ditahun 2022 Gayo Lues berhasil mencapai MCP KPK sebesar 75,89 persen.

“Adapun area intervensi yang dinilai oleh KPK-RI dalam Monitoring Center For Prevention diantaranya, Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Dana Desa,” urai Rasyidin Porang.

Menurut Pj Bupati, seluruh SKPK pemangku area tersebut ikut dalam pemenuhan data per area intervensi tersebut.

“kami harapkan pada tahun 2023 ini, capaian nilai tersebut bisa kita tingkatkan, tentu saja dengan kerjasama serta komitmen yang tinggi,” pintanya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Gayo Lues, Muhammad Fikar, mengatakan, komitmen Pemerintah Kabupaten Gayo Lues terkait pencegahan tindak pidana korupsi dan meningkatkan kesadaran resiko korupsi serta perbaikan sistem anti korupsi, juga dapat dilihat dari hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022 yaitu sebesar 71,03 persen.

Hal ini tentu mendekati indeks Integritas Nasional Indonesia yaitu sebesar 72 persen. Capaian indeks integritas pada SPI tersebut, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues di upayakan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya, pungkas Fikar.

Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, terus berkomitmen mendukung agenda Monitoring Center for Prevention, terbukti dengan pencapaian nilai tersebut.

Hal ini merupakan sebuah pencapaian dan motivasi bagi Pemerintah Daerah, untuk terus meningkatkan komitmen atas tujuan terselenggaranya good governance.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut