get app
inews
Aa Read Next : Viral Kapal Ditumpangi Ratusan Rohingya Terbalik di Tengah Laut Aceh Barat

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, PUPR Aceh Barat Bakal Perbaiki Jalan di Objek Wisata Tugu Teuku Umar

Selasa, 23 Mei 2023 | 15:55 WIB
header img
Design Rencana Pembangunan Jalan Objek Wisata Tugu Teuku Umar (Foto: PUPR Aceh Barat)

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat berencana akan membangun dan memperbaiki jalan menuju tempat wisata Tugu Teuku Umar.

Langkah tersebut dapat mengoptimalkan potensi wisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Dinas PUPR Aceh Barat, Dr Kurdi mengatakan rencana pembangunan jalan menuju tempat objek wisata Tugu Teuku Umar ini membutuhkan total anggaran sekitar Rp8 milyar rupiah, namun untuk tahun ini sudah masuk dalam tender dengan jumlah anggaran Rp 400 juta rupiah yang bersumber dari dana DTU APBK Aceh Barat tahun 2023.

"Tahun ini untuk pembangunan dan perbaikan jalan menuju tempat objek wisata Tugu Teuku Umar yang berada di batu putih tersebut sedang proses tender dengan jumlah anggaran Rp 400 juta, semoga dalam dua minggu ini proses tendernya selesai sehingga pembangunannya bisa dikerjakan", kata Kurdi, Selasa (23/05/2023).

Kurdi menjelaskan pembangunan jalan menuju objek wisata ini menghabiskan anggaran sekitar Rp8 miliar, sebab peningkatan badan jalan akan menjadi dua jalur.

Untuk tahun depan, lanjutnya, pihaknya juga akan mengusulkan anggaran dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang anggarannya disesuaikan dengan kebutuhan untuk pembangunan jalan tersebut.

"Usulan jalan dua jalur pada lokasi ini berdasarkan kunjungan Bapak Bupati saat meninjau lokasi di Kawasan batu putih beberapa minggu yang lalu," katanya.

Selain itu, kata Kurdi lokasi wisata pantai batu putih khususnya di bagian ujung pertemuan muara dengan sungai dengan laut juga akan didesain kolamnitensi sebagai langkah pencegahan banjir kota.

"Jadi selain pembangunan jalan juga nantinya akan di bangun kolam retensi sebagai solusi jangka panjang untuk mengatasi genangan air ataupun banjir kota sebagai dukungan segi infrastukturnya," ungkapnya.

Dengan dibangunnya jalan ini kata kurdi objek wisata Tugu Teuku Umar ini mampu mengoptimalkan potensi wisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut