get app
inews
Aa Read Next : Kerugian Gempa Bumi di Jepang Mencapai Hampir Rp100 Triliun

Pasca Gempa 6,0 Bantul Sebabkan Puluhan Rumah Rusak di 3 Provinsi

Sabtu, 01 Juli 2023 | 07:32 WIB
header img
Bangunan milik pemerintah di Pacitan, Jawa Timur, rusak akibat gempa bumi 6,0 yang berpusat di Kabupaten Bantul, DIY, Jumat (30/6/2023). (Foto: Avirista Midaada)

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id – Gempa bumi kuat yang berpusat di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (30/6/2023) menyebabkan puluhan rumah rusak di tiga provinsi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan perkembangan terbaru terkait dampak bencana itu.

Tercatat, sebanyak 93 rumah yang tersebar di DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mengalami kerusakan.

BNPB melakukan pemutakhiran data sekitar pukul 23.00 WIB.

Data tersebut didapat setelah melakukan koordinasi dengan BPBD di wilayah DIY, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), dan Provinsi Jawa Timur (Jatim).

“Total rumah rusak sebanyak 93 unit dengan tingkat kerusakan ringan hingga sedang,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya, Jumat malam.

Dia mengungkapkan, sampai saat ini petugas masih terus mendata jumlah rumah terdampak, baik di wilayah DIY, Jateng dan Jatim.

Untuk sebaran di Provinsi Jateng, yaitu di Kabupaten Kebumen, rumah rusak ringan sebanyak 8 unit dan rusak sedang 2 unit.

Di Kabupaten Magelang dan Tegal, rumah rusak masing-masing sebanyak 1 unit, sedangkan di Kabupaten Purbalingga tercatat rumah rusak 4 unit.

Berikutnya, untuk sebaran di Provinsi Jatim, teridentifikasi di Kabupaten Pacitan dengan total rumah rusak sebanyak 28 unit.

“Di wilayah DIY, BPBD mencatat rumah rusak 30 unit di Kabupaten Bantul dan 19 di Kabupaten Gunung Kidul,” ujarnya.

Selain tempat tinggal, kata dia, dampak gempa juga menyasar fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, pemerintah, kesehatan maupun jaringan listrik.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut