get app
inews
Aa Read Next : 4 Pelaku Pemasangan Bendera Bulan Bintang di Pagar Polsek Samalanga Bireuen Minta Maaf

Mapala Leuser Akan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Pegunungan Aceh Jaya

Senin, 07 Agustus 2023 | 17:00 WIB
header img
Mapala Leuser Akan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Pegunungan Aceh Jaya.(iNews/ Afsah).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id-Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) Leuser USK (Universitas Syiah Kuala) akan mengibarkan bendera merah putih raksasa berukuran 30x15 meter di Tebing Gunung Batee Sireuk, Calang, Aceh Jaya.

Tim Ekspedisi Merah Putih yang digagas oleh Mapala Leuser Unsyiah itu digelar dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.

Para pendaki Mapala Leuser USK itu disebut ingin memberikan kado berkesan "persembahan dari anak negeri bumi Aceh Jaya" yang akan dilaksanakan di gunung Batee Sireuk yang berlokasi di pusat kota Calang kabupaten Aceh Jaya.

Ketua Tim Ekspedisi Merah Putih, Novita mengatakan, ia bersama 9 rekannya dari Angkatan Muda Mapala Leuser Unsyiah dengan tantangan tingkat tinggi itu rencananya akan dilaksanakan pada 14 Agustus 2023.

"Ini perdana kita lakukan di Gunung Batee Sireuk, rencananya akan dikibarkan pada 17 Agustus nantinya," kata Novita dalam siaran Persnya, Senin, (7/8/2023).

Sebelum dikibarkan di tebing Gunung Batee Sireuk, Bendera Merah Putih Raksasa itu nantinya akan diserahkan oleh Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin pada tanggal 14 Agustus 2023 untuk selanjutkan dikibarkan di tebing gunung Batee Sireuk pada tanggal 17 Agustus 2023.

"Agendanya bukan hanya pengibaran bendera Raksasa saja, tapi juga ada doa bersama sebelum expedisi di mulai, Tim kemudian melakukan simulasi pendakian dihari yang sama," ungkap Novita.

Novita mengaku ada medan di bawah Gunung Batee sireuk yang lembab curang tebing mencapai 80 meter. Lalu ada ancaman binatang kecil hingga ular.

Selain itu, jalan untuk mencapai puncak gunung ini memang termasuk extrim karena jalur terlalu vertikal, tapi sebenarnya bisa dilalui dengan aman hanya saja butuh kehati-hatian dan antisipasi dengan baik.

"Makanya kita juga harus analisa seakurat mungkin dan punya rencana alternatif untuk menaklukkan Medan ekstrim itu," tutur Novita.

Adapun para pendaki Muda Mapala Leuser USK terdiri dari Novita Nur Ariska (ketua Expedisi), dan anggotanya Sarah Salsabila, Fiqri Rozi, Habib Ahmad Husein, Al Hadhi Rahman, Teuku Farhan Ridha, Farah Rajuna, Fiqra Husnika dan Desti Mutiara.

Abdo Rani Ketua panitia lokal selaku pelaksana kegiatan di Aceh Jaya mengatakan, para Atlit ini sudah terlatih mereka dilatih oleh pendaki senior Abot Alfizar dan beberapa senior lain, kita disini hanya selaku panitia lokal dalam mempersiapkan agenda kegiatan expedisi merah putih di Aceh jaya.

Ia berharap kegiatan ini berjalan lancar sebagai mana yang kita harapkan bersama papar Abdo Rani selaku ketua panitia lokal.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut