get app
inews
Aa Read Next : Banjir Bandang Terjang Gayo Lues, Sejumlah Rumah Rusak

4 Kabupaten di Aceh Ramaikan Event Pacuan Kuda di Gayo Lues

Senin, 21 Agustus 2023 | 15:55 WIB
header img
Keterangan Foto : Plt Sekda Gayo Lues, Jata, SE, saat membuka event pacuan kuda di Stadion Buntul Nege.(iNews/ Dosaino Ariga).

GAYO LUES, iNewsPortalAceh.id – Sebanyak 4 Kabupaten di Aceh ikut meramaikan event pacuan kuda di Gayo Lues, yang digelar selama 7 hari, yakni sejak Senin 21 Agustus 2023, diantaranya, Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara dan Kabupaten Gayo Lues.

Bahkan dari masing-masing Kabupaten, mengirimkan kuda-kuda terbaiknya untuk diperlombakan dalam ajang tahunan, yang berlangsung di Stadion Buntul Nege Blangsere, Gayo Lues.

Sebelum membuka ivent pacuan kuda tersebut secara resmi, Plt Sekda Gayo Lues, Jata, SE, mengatakan, pacuan kuda tradisional ini telah menjadi tradisi sejak dulu.

Bahkan kegiatan ini sudah ada, jauh sebelum Kabupaten Gayo Lues berdiri.

"Uniknya, event pacuan kuda ini juga dilaksanakan, selalu pada momen memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia, dengan harapan mampu menumbuhkan semangat patriotisme sebagai anak bangsa, serta memperkuat silaturrahmi dalam menyongsong kemajuan dan kemandirian bangsa," tutur Jata.

Untuk itu sambungnya, jika dilihat dari sejarah dan latar belakang, pacuan kuda bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, merupakan sesuatu yang sangat istimewa dan selalu dinantikan.

"Kita masih ingat, bahwa sejak dulu ketika bulan Agustus tiba, segenap masyarakat, baik tua maupun muda, selalu mempersiapkan diri untuk memeriahkan dan meramaikan arena pacuan kuda," kisahnya.

Adapun jumlah kuda yang akan berlaga di event pacuan kuda yang berlangsung di Stadion Buntul Nege, Gayo Lues kali ini sebanyak 84 ekor kuda, diantaranya, dari Kabupaten Gayo Lues 40 ekor, Kabupaten Bener Meriah 34 ekor, Kabupaten Aceh Tengah 9 ekor dan Kuda dari Kabupaten Aceh Tenggara 1 ekor.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut