get app
inews
Aa Read Next : Bantuan Biaya Pendidikan 2024 Dibuka, 926 Mahasiswa Sudah Lakukan Daftar Online

TMMD Reguler ke 118 Tahun 2023 Kodim 0107/Aceh Selatan Resmi di Buka

Rabu, 20 September 2023 | 14:34 WIB
header img
TMMD Reguler ke 118 Tahun 2023 Kodim 0107/Aceh Selatan Resmi di Buka.(iNews/ Ichdar Ifan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id-Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 118 tahun 2023 Kodim 0107/Aceh Selatan resmi dibuka, acara pembukaan berlangsung di Lapangan Bola Kaki Desa Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (20/2023).

Pembukaan TMMD ini dilakukan Sekdakab Aceh Selatan Cut Syazalisma, S,STP. Adapun tema yang di angkat pada TMMD ini "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat".

Dansatgas TMMD ke 118 Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf Faiq Fahmi dalam laporannya yang dibacakan Pasiter Kodim Kapten Inf Junaidi menyampaikan, berdasarkan Surat Telegram Danrem 012/Teuku Umar Nomor ST/267/2023 Tanggal 15 September 2023 tentang perintah melaksanakan operasional kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke 118 tahun 2023 bertempat di Desa Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan.

Pasiter Kodim menuturkan, bahwa kegiatan TMMD ini melibatkan Lintas Sektoral baik TNI/Polri Pemda dan komponen masyarakat lainnya.

Dalam kegiatan ini terdapat sasaran fisik pembukaan badan jalan sepanjang 1,350 M dengan lebar 4 meter, pembuatan 2 unit jembatan, 5 unit gorong-gorang, pembuatan 2 MCK dan pembangunan 2 unit rumah Tidak Layak Huni yang masing-masing di Desa Sapik dan Desa Paya Laba Kecamatan Kluet Timur.

Selain sasaran fisik, dalam TMMD tersebut juga dilakanakan sasaran non fisik yakni penyuluhan Narkoba, Wasbang, Pertanian, Stunting, Posyandu, Posbindu dan Pengobatan.

Sementara, Bupati Aceh Selatan melalui Sekda Cut Syazalisma, S,STP dalam kata sambutannnya mengatakan, operasi Bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud yang salah satunya adalah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Dengan kriteria sasaran berupa daerah miskin, tertinggal, terisolir (terpencil), daerah kumuh, perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar dan daerah terdampak bencana alam.

Kegiatan TMMD ini merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Pemerintah Daerah, serta komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

"Di Aceh Selatan sendiri, TMMD ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun, dan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. hal ini sejalan dengan upaya kita dalam percepatan dan pemerataan pembangunan,"ujar Sekda.

Disamping itu, sambung Cut Syazalisma, program TMMD Reguler ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program pemerintah, baik pusat maupun daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Hal ini tentunya merupakan basis penguat kesadaran bersama dalam menghadapi pergeseran arah kebijakan pembangunan pada era reformasi dan otonomi daerah dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, diperlukan semangat yang kuat untuk maju, didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan, termasuk TNI dengan TMMD-nyan yang berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan masyarakat.

"Saya berharap, apa yang dihasilkan dalam program TMMD ini dapat berguna dan dimanfaatkan untuk kepentingan kita bersama. kepada pimpinan Badan, Dinas, serta Instansi yang memiliki keterkaitan program dengan TMMD ini, saya berharap untuk dapat melaksanakan kegiatan secara sinergis, terpadu, sehingga akhir dari kegiatan ini nantinya dapat benar-benar maksimal, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Cut Syalisma.

Acara pembukaan TMMD ini dihadiri Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K, Anggota DPRK Mirwan Para Kepala Dinas terkait, Muspika Kluet Timur, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut