get app
inews
Aa Read Next : Piala Asia U-23 2024, Hasil Babak Pertama Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23 Skor 0-0

Ternyata Ini Asal Usul Lagu Dari Sabang Sampai Merauke

Kamis, 21 September 2023 | 07:34 WIB
header img
Lagu Dari Sabang sampai Merauke yang menceritakan Indonesia terdiri atas ribuan pulau. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Asal usul lagu berjudul 'Dari Sabang Sampai Merauke' yang menarik untuk diketahui.

Lagu ini merupakan salah satu dari lagu nasional yang sangat populer seperti Indonesia Raya, Halo-Halo Bandung, Rayuan Pulau Kelapa dan lainnya.

Tentunya setiap lagu nasional yang diciptakan memiliki asal usul dan sejarah tersendiri dan juga alasan mengapa lagu tersebut diciptakan.

Seperti lagu 'Dari Sabang Sampai Merauke' yang ternyata punya asal usul sejarahnya. Asal Usul Lagu Dari Sabang Sampai Merauke.

Pada awalnya, lagu 'Dari Sabang Sampai Merauke' diciptakan untuk mengondisikan keadaan geografis Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau.

"Dari Sabang Sampai Merauke, berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia" demikan sepenggal lirik lagu yang diciptakan oleh R Suharjo atau R Soerarjo.

Dalam lagu ini terdapat penjelasan mengenai berbagai macam pulau di Indonesia. Di mana Indonesia memiliki luas wilayah mulai dari Aceh (Sabang) hingga Papua (Merauke).

Awalnya lagu "Dari Sabang Sampai Merauke" berjudul Dari Barat ke Timur yang diciptakan ketika R Soerarjo merasa khawatir karena Jepang menutup seluruh sekolah yang ada sehingga mengakhiri karier mengajarnya sebagai guru.

R Soerarjo menulis lagu tersebut dalam keheningan mistik pada tanggal 20 Mei 1942 di Pendapa Perguruan Taman Siswa Nganjuk.

Dia merupakan seorang guru besar di perguruan tersebut. Saat Presiden Soekarno berpidato dalam rapat umum di Ujung Pandang (Makassar) tanggal 6 Mei 1963, dia meminta izin kepada pencipta lagu Dari Barat ke Timur untuk mengganti judulnya menjadi Dari Sabang sampai Merauke.

Di mana pada tahun itu, Indonesia sedang berjuang mengintegrasikan Papua Barat ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Presiden Soekarno mempunyai pertimbangan tersendiri untuk mengubah judul lagu tersebut.

Salah satunya adalah untuk menegaskan wilayah geografis Indonesia terbentang dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di ujung timur.

Bukan barat dan timur yang mungkin mempunyai makna ganda karena kurang jelasnya letak geografis.

Selain itu, R Soerarjo ingin menunjukkan pada bait lagu ini, bahwa Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnis atau suku bangsa.

Lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa.

Lirik Lagu Dari Sabang Sampai Merauke

Dari Sabang sampai Merauke

Berjajar pulau-pulau

Sambung menyambung menjadi satu

Itulah Indonesia

Indonesia Tanah Airku

Aku berjanji padamu

Menjunjung Tanah Airku

Tanah Airku Indonesia

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut