get app
inews
Aa Read Next : Polres Pidie Bagi 200 Paket Takjil untuk Berbuka Puasa Kepada Penguna Jalan

Polres Pidie dan Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh Gelar Simulasi Sispamkota, Jelang Pemilu 2024

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 09:57 WIB
header img
Polres Pidie dan Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh Gelar Simulasi Sispamkota, Jelang Pemilu 2024.(Dok Ist).

SIGLI, iNewsPortalAceh.id – Personel Polres Pidie dan Personel Pelopor Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh melaksanakan latihan bersama dalam kegiatan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) Ops Mantap Brata Seulawah 2023-2024 di lapangan Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh - Seulawah Kabupaten Aceh Besar, Kamis sore (12/10/2023).

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK mengatakan, simulasi Sispamkota ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas pada tahapan Pemilu 2024.

“Simulasi ini menggambarkan kesiapan personel beserta sarana dan prasarana, manakala terjadi situasi kontijensi agar dapat segera diantisipasi secara bersinergi dengan cepat dan tepat,” ungkap Kapolres Pidie.

AKBP Imam Asfali, SIK menyebutkan dalam simulasi sispamkota ini digambarkan situasi kontijensi yang diasumsikan penanganan dan pengamanan beberapa kejadian yaitu seperti penanganan sewaktu masa menolak salah satu calon kepala daerah yang melakukan kampanye, perusakan alat peraga kampanye, unjuk rasa di TPS, masa salah satu Partai melakukan unjuk rasa baik di kantor KIP maupun di gedung DPRK karena tidak menerima kekalahan.

Rangkaian adegan diperagakan penanganan situasi oleh tim negosiator, penggunaan personel dalmas awal, pengaturan arus lalulintas, eskalasi massa meningkat ditambah dengan aksi anarkis, peragaan dalmas lanjut dan penggunaan kendaraan taktis Armored Water Cannon (AWC), mengamankan provokator aksi unras, pembubaran massa oleh Tim Raimas, ditutup dengan evakuasi korban oleh tim medis Dokkes Pidie.

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK mengucapkan terima kasih kepada semua personel yang terlibat dalam kegiatan simulasi ini.

Dan berharap agar situasi di Kabupaten Piide selama Pemilu tahun 2024 tetap aman dan kondusif.

Dalan kesempatan itu, Kabag Ops Polres Pidie AKP H.G Tanjung, SH menyebutkan bahwa kegiatan simulasi ini, melibatkan ratusan personel Polres Pidie dan personel Pelapor Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut