get app
inews
Aa Read Next : Korem 011 LW Sumbang 207 Kantong Darah Dalam Rangka HUT Persit Ke-78

Peringati Hari Amal Bakti Ke-78, Kemenag Pidie Jaya Kumpulkan 19 Kantong Darah

Kamis, 04 Januari 2024 | 10:05 WIB
header img
Peringati Hari Amal Bakti Ke-78, Kemenag Pidie Jaya Kumpulkan 19 Kantong Darah.(Dok Istimewa).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Dalam rangka peringatan hari amal bakti (HAB) ke 78 Kementerian Agama (Kemenag) di Pidie Jaya, Aceh, Rabu (03/01/2024) kemarin bukan hanya sekedar upacara semata. Namun, juga dibarengi dengan kegiatan donor darah para ASN.

Dimana kegiatan sosial seperti itu memang rutin dilakukan setiap tahun dan para penyumbang darah tergolong ramai.

Kali ini darah yang terkumpul sebanyak 19 kantong.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kekanmenag) Pidie Jaya, Mulyadi S.Ag, M.Pd dalam keterangannya kepada iNewsPortalAceh.id selepas rangkaian kegiatan tersebut mengatakan, upacara HAB berlangsung khitmad.

"Peserta adalah semua aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenag termasuk tenaga honorer/bakti mulai dari tingkat kabupaten hingga kecamatan," ujarnya.

Sementara itu Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qaumas, dalam amanat tertulis yang ia bacakan Mulyadi, antara lain mengajak peserta apel untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan agar terwujudnya segala cita-cita.

Diantara tugas berat adalah menjaga keharmonisan kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

Memberikan layanan yang adil/transparan. Hebat Bersama Umat adalah tema yang diusung pada HAB ke 78.

Itu bermakna bahwa jajaran Kemenag harus membersama umat untuk menuju Indonesia yang hebat.

Wujud dari membersamai adalah memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama Kepada para ASN lingkup Kementerian Agama juga dipesankan agar menjaga netralitas sesuai perundang-undagan.

Selepas apel berlanjut dengan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat. Menurut Kepala Kankemenag Pidie Jaya, darah yang terkumpul sebanyak 19 kantong.

Rinciannya yaitu, darah golongan A ada 4 kantong, golongan B 7 kantong, AB+ ada 1 kantong dan darah golongan O terkumpul 7 kantong.

Darah tersebut selanjutnya diserahkan ke RSUD setempat. Sebenarnya, lanjut Mulyadi, banyak yang berminat untuk mendonorkan darahnya. Tapi setelah dicek, ternyata gagal. Hal itu disebabkan rendahnya HB.

“Terkendala pada HB, sehingga yang bersangkutan tidak bisa mendonorkan darahnya,” timpal Kepala Kankenmenag Pidie Jaya.

Pantauan di lokasi, Prosesi kegiatan mulai dari apel hingga donor darah yang digelar di Halaman Kankemenag setempat diikuti 200 an orang peserta berlangsung tertib dan lancar.

Sementara itu Sekretaris Kanwil Kemenag Aceh, Ahmad Yani, menyebutkan, di Kanwil, seusai apel mereka berkunjung atau bersilaturrahmi ke Panti Jompo, ke Panti Asuhan Anak Yatim serta beberapa tempat lainnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut