get app
inews
Aa Read Next : Potret Ibu-ibu Bhayangkari Bagikan 600 Paket Takjil Buka Puasa Kepada Pengendara di Pidie Jaya Aceh

Ratusan Hektare Area Tanaman Padi di Pidie Terindikasi Serangan Hama Wereng

Kamis, 18 Januari 2024 | 12:10 WIB
header img
Keterangan Foto: Ratusan Hektare Area Tanaman Padi di Pidie Terindikasi Serangan Hawa Wereng.( Dok Istimewa).

PIDIE, iNewsPortalAceh.id - Sejak seminggu terakhir gejala serangan hama mulai terlihat di sembilan Kecamatan dalam Kabupaten Pidie, Aceh.

Sehinggga masyarakat melakukan penyemprotan secara serentak untuk pengendalian hama tersebut, meskipun kondisi serangan belum pada tingkatan yang parah.

Sementara Hasballah selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pidie menyebutkan luas sebaran areal pertanian yang terindikasi serangan hama terjadi di sembilan Kecamatan dengan luas sebaran mencapai 150 hektar.

"Sehingga perlu pengendalian secara dini untuk antisipasi supaya panen nantinya sesuai yang di harapkan," ujarnya.

Dengan adanya indikasi serangan hama wereng yang terjadi sejak seminggu terakhir dimana masyarakat beserta pihak pemerintah yaitu Dinas Pertanian beserta penyuluh selaku yang mengedukasi cara penyemprotan dan pemilihan racun yang ampuh.

"Untuk mengendalikan hama wereng tersebut dilakukan penyemprotan secara serentak agar wereng tersebut tidak berpindah ke areal lain," terangnya.

Penyemprotan hama wereng sebaiknya dilakukan di bawah pukul 08.00 WIB pagi.

Sementara sore hari baiknya dilakukan dikisaran jam 17.00 WIB dimana di jadwal tersebut hama wereng sudah berada di batang padi.

Untuk peyemrotan sendiri sebaiknya dilakukan di batang padi dengan memilih racun hama yang sudah dipatenkan oleh pemerintah.

"Para petani juga sebaiknya menggunakan bibit padi dengan varietas yang sudah ada lebel resmi sehingga terjamiN keasliannya," tutup Hasballah.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut