get app
inews
Aa Read Next : Di Aceh Mahfud MD Bikin Kopi Sendiri di Acara Tabrak Prof

Kunjungi Aceh Serap Aspirasi Warga, Mahfud MD Bicara Perpanjangan Dana Otsus

Kamis, 01 Februari 2024 | 16:14 WIB
header img
Keterangan Foto: Mahfud MD ke Aceh (Foto: MPI)

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Calon wakil presiden nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo Mahfud MD melanjutkan dialog interaktifnya bersama masyarakat melalui acara bertajuk Tabrak Prof!.

Kali ini Eks Ketua Mahmakah Konstitusi (MK) itu hadir di MZ Coffee, Bandar Baru, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Rabu (31/1/2024) malam untuk mendengarkan aspirasi sekaligus keluh kesah masyarakat Aceh.

Salah satunya mengenai kebijakan dana otonomi khusus (otsus) untuk pembangunan Aceh. Mahfud pun berkomitmen akan memperpanjang dana tersebut yang akan habis.

“Untuk politik yang jangka menengah, dua tahun yang akan datang (2027), dana otsusnya Aceh akan habis. Nanti kami (Ganjar-Mahfud) akan memperjuangkan dana otsus itu diperpanjang untuk pembangunan Aceh,” ujarnya.

Tak hanya itu, Mahfud menyebut kebijakan perpanjangan otsus bisa diperkuat dengan menerbitkan peraturan presiden (Perpres) atau mendorong perubahan Undang-Undang (UU) Otsus Aceh.

"Apalagi nantinya di UU tersebut hanya mengubah satu pasal. Seperti UU Otsus Papua,” katanya.

Pernyataan ini disampaikan Mahfud ketika melihat infrastruktur di Aceh yang perlu diperbaiki. Terlebih diperlukan anggaran untuk segera menuntaskan pembanguan tersebut.

Oleh karena itu Mahfud bersama pasangan capresnya Ganjar Pranowo berencana mengakselerasi upaya pembangunan berkelanjutan melalui empat unsur utama.

Di antaranya adalah penegakan hukum, pemberantasan korupsi, penegakan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), termasuk penyelesaian hukum pelanggaran HAM masa lalu.

“Dan yang keempat adalah membangun demokrasi yang subtantif,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga menyampaikan peran penting guru-guru agama di Aceh yang bertugas untuk mendidik masyarakat.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut