get app
inews
Aa Read Next : Ditemukan Tulang Belulang Dirumoh Geudong,Komnas HAM Minta Kejagung Lakukan Uji Forensik dan Tes DNA

Polisi Lakukan Pengamanan Rute Kampanye Konvoi di Pidie Aceh

Minggu, 04 Februari 2024 | 07:47 WIB
header img
Polisi Lakukan Pengamanan Rute Kampanye Konvoi di Pidie Aceh.(dok Ist).

SIGLI, iNewsPortalAceh.id- Sejumlah personil Polres Pidie, Aceh yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata Seulawah 2023-2024, hari ini melaksanakan pengamanan rute kegiatan kampanye konvoi peserta pemilu tahun 2024.

Salah satunya pengamanan yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Kecamatan Kembang Tanjung yang meruapakan titik kumpul dari peserta kampanye Konvoi dari partai politik, Sabtu (3/2/2024) kemarin.

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK, MH melalui Kabag Ops AKP H.G Tanjung, SH menuturkan, bahwa tujuan dilaksanakannya pengamanan dari Kepolisian saat kampanye partai politik, untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye politik berlangsung berjalan dengan aman dan damai serta tidak terganggu dengan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Lanjutnya, kegiatan pengamanan ini juga untuk mencegah terjadinya kriminalitas, seperti intimidasi atau gangguan terhadap peserta kampanye, Polisi berperan dalam melindungi hak setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi tanpa adanya ancaman atau tekanan.

Selain itu tujuan pengamanan juga untuk mecegah tejadinya potensi konflik, dengan kehadiran polisi, potensi konflik antar pendukung partai politik atau kelompok dapat diminimalkan, dan mencegah terjadinya eskalasi kekerasan, selain itu Kepolisian juga bertugas menegakkan hukum terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal lainnya.

Ditambahkanya, seperti halnya hari ini ada partai politik yang melaksanakan kampaye konvoi dengan mengunakan kenderaan roda empat dan roda dua yang titik kumpulnya dilaksanakan di lapangan sepakbola Kecamatan Kembang Tanjung.

Dan selanjutnya bergerak mengitari sejumlah Kecamatan dalam wilayah hukum Polres Pidie, Pihak Kepolisian juga melakukan pengamanan termasuk rute yang dilalui saat kampaye konvoi tersebut,"ucap AKP H.G Tanjung, SH.

"Dan tujuan pengamanan juga untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, kehadiran polisi menciptakan lingkungan yang aman bagi peserta pemilu, dan pengamanan yang kita laksanakan hari ini adalah untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan aman, lancar dan Damai," kata Kabag Ops Polres Pidie.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut