get app
inews
Aa Read Next : Viral Kapal Ditumpangi Ratusan Rohingya Terbalik di Tengah Laut Aceh Barat

PII Aceh Barat Dorong Penyerapan Tenaga Kerja Konstruksi Profesional

Senin, 05 Februari 2024 | 16:38 WIB
header img
PII Aceh Barat Dorong Penyerapan Tenaga Kerja Konstruksi Profesional.(iNews/ Afsah).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id- Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Aceh Barat, bersama Dinas PUPR Aceh Barat, menggelar pelatihan jasa konstruksi profesional guna mendorong penyerapan tenaga kerja yang handal dalam pengawasan dan pelaksanaan jalan dilevel lima, enam, dan tujuh.

Pelatihan jasa konstruksi menghadirkan tiga narasumber tersebut sekaligus Musyawarah Cabang ke II PII Pengurus Cabang Aceh Barat yang berlangsung Aula Cut Nyak Dhien, Universitas Teuku Umar, Senin (05/02/2024).

Ketua PII Cabang Aceh Barat, Kurdi mengatakan pelatihan jasa kontruksi tersebut diikuti sekitar 35 peserta mulai dari konsultan, kontraktor, kalangan serjana atau alumni mahasiswa teknik di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh.

"Dalam pelatihan tersebut materi lebih fokus kepada penajaman pembinaan sertifikasi tenaga kerja kontruksi dijenjang 5, 6 dan 7. Dengan tujuan mendorong penyerapan tenaga kerja yang handal dan profesional, serta meningkatkan potensi daerah dibidang jasa kontruksi," kata Kurdi.

Kurdi menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, saat ini dibidang jasa kontruksi masih minim, misalkan di PUPR Aceh Barat yang setiap tahunnya mengelola anggaran untuk pembangunan kontruksi, namun jumlah jasa kontruksinya masih dibawah kuota yang dibutuhkan.

“Saat ini Aceh Barat baru memiliki tenaga trampil berdasarkan data yang ada sebanyak 470 orang, kalau kita lihat dari Pagu yang dikelola oleh PUPR kurang lebih Rp 158 miliar maka kita membutuhkan kurang lebih sebanyak 2021 tenaga kerja terampil yang perlu kita sediakan di tahun ini,” jelasnya.

Dengan adanya pelatihan ini tentunya nanti tambah Kurdi setiap adanya pelaksanaan pembangunan di Aceh Barar dapat dilakukan secara aman, sesuai standar yang telah ditentukan dengan kualitas bangunan yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut