get app
inews
Aa Read Next : Polisi Kawal Prosesi Shalat Jenazah Tu Sop di Darul Munawwarah Pidie Jaya

454 Siswa Ikut Perkemahan Kempija Ke- 3 di Pidie Jaya, Jailani : Jadilah Remaja yang Aktif

Selasa, 27 Agustus 2024 | 09:53 WIB
header img
454 Siswa Ikut Perkemahan Kempija Ke- 3 di Pidie Jaya, Jailani : Jadilah Remaja yang Aktif.( iNews / Jamalpangwa).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Sejumlah 454 orang siswa dari tingkat SMP 9 sekolah dan SMA 9 sekolah di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh mengikuti perkemahana Kempija ke - 3 di lokasi wisata Islami pantai Khutang, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya selama 5 hari.

PJ bupati Pidie Jaya Ir H Jailani Beuramat pada pembukaan Kempija ke -3 pada Senin 26 Agustus 2024 sekitar pukul 14.00 WIB kemarin menyampaikan Bumi Perkemahan Pantai Wisata Trienggadeng indah tesebut kegiatan yang selalu di nantikan oleh seluruh Anggota Pramuka Pidie Jaya baik tingkat Penggalang maupun Penegak.

"Kreatif, Ceria, Berkarakter", yang menjadi tema besar Kemah Pramuka Pidie Jaya kali ini, memiliki makna yang sangat dalam.

Menurut Jailani Beuramat bahwasanya seorang pramuka wajib selalu berinovasi dalam segala bidang sehingga adik-adik yang mengikuti Ektrakurikuler pramuka bisa menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan.

"Sebagaimana adik-adik ketahui, bahwa Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal, yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan Pramuka adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter dan kepribadian generasi muda bangsa," ungkap Jailani.

Jailani menambahkan, gerakan pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler diluar sekolah, tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan.

"Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa Bela Negara," cetusnya.

"Kami ingin menyampaikan beberapa pesan dan harapan, kepada para anggota Pramuka Penggalang dan Penegak yang kami cintai serta kami banggakan, pertama mulai pagi kalian sudah mengikuti rangkaian kegiatan Kemah Pramuka Pidie Jaya (Kempija) ke-III. Kempija ini hendaknya dijadikan sarana belajar, berkarya, dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa," tegasnya.

Manfaatkanlah Kempija untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan diantara kalian.

Selain itu, ikuti seluruh kegiatan Kempija ini, serap pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan seluas-luasnya. Pererat persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan Pramuka dari seluruh Kabupaten Pidie Jaya.

"Selesai kalian pulang dari Kempija ini, sebarkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman, kepada rekan-rekan di sekolahnya masing-masing," jelasnya.

Jailani berharap para pramuka selesai kempija nantinya, agar terus mengikuti kegiatan kepramukaan di sekolah masing-masing. Gerakan Pramuka memiliki banyak kegiatan yang bermanfaat, apalagi saat ini kegiatan kepramukaan telah disesuaikan dengan kemajuan zaman.

"Insya Allah melalui Gerakan Pramuka, kalian dapat menimba ilmu dan keterampilan lebih banyak, di samping yang kalian peroleh di sekolah," imbuh Jailani.

Tanamkan kebanggaan kalian sebagai anak Indonesia. Giatlah belajar dengan tekun dan rajin, tingkatkan ketaatan beribadah, disertai aktivitas olah jiwa dan olah raga, hormati orang tua dan guru-guru kalian, pererat persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan kalian. Jadilah remaja yang aktif, kreatif, dan energik. Jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan kalian.

Ajak rekan-rekan untuk mengisi kegiatan, dan waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat, yang dapat dijadikan sebagai bekal ketika dewasa kelak.

Persiapkan diri kalian semua dengan baik, untuk melanjutkan kepemimpinan di Negeri ini, pada masa yang akan datang.

"kami berpesan kepada saudara Ketua Majelis Gugus Depan Gerakan Pramuka, untuk melanjutkan revitalisasi Gerakan Pramuka. Berikan dukungan dan fasilitasi, baik pada pembentukan serta perluasan Gugus Depan berbasis sekolah, maupun komunitas diseluruh pelosok tanah air," terangnya.

Kedepankan prinsip dan metode kepramukaan Universal. Perkokoh peran Gerakan Pramuka, sebagai bagian sistem pendidikan Cabang bagi kaum muda, yang dapat melahirkan SDM unggul pemimpin masa depan bangsa.

Jadikan pula Gerakan Pramuka sebagai pelindung kaum muda dari berbagai ancaman, seperti aksi kekerasan, radikalisme, terorisme, serta penyalahgunaan narkoba.

Berikan perhatian besar pada peningkatan tata kelola, manajemen, serta pengadaan dan penyelenggaraan para pelatih dan pembina Gerakan Pramuka.

Pastikan pengelolaan manajemen pendidikan terbaik, mulai dari tingkat Cabang hingga tingkat Daerah.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya berpesan Kepada para Kepala Dinas dan para Kepala Sekolah, agar dapat memberikan dukungan, pada pengembangan Gerakan Pramuka di Kabupaten Pidie Jaya. Lakukan pembinaan yang terencana dan berkesinambungan untuk kegiatan Gerakan Pramuka," pintanya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut