get app
inews
Aa Read Next : Maju Pilkada 2024, Pasangan Said Mulyadi dan Saiful Anwar Dapat Rekomendasi dari Partai PAN

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Abdya Ikuti Uji Mampu Baca Alquran

Kamis, 05 September 2024 | 21:53 WIB
header img
Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Abdya Ikuti Uji Mampu Baca Alquran.(iNews / Erdawati).

ACEHBARATDAYA, iNewsPortalAceh.id - Tiga calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) ikuti uji mampu baca Al-Quran yang digelar oleh KIP setempat di Masjid Agung Baitul Ghafur, Kamis (5/9).

Ketiga pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Abdya ini yakni, Jufri Hasanuddin-Fakhruddin, Salman Alfarisi-Yusran, serta Safaruddin-Zaman Akli.

Saat uji kemampuan baca Alquran, Jufri Hasanuddin nomor urut satu, wakilnya yakni Fakhruddin diurutan kedua, calon wakil bupati Yusran ketiga, dan calon bupati Salman Alfarisi tampil di nomor urut empat, sementara pasangan Safaruddin dan Zaman Akli tampil terakhir.

Plh Ketua KIP Abdya, Sayuti mengatakan ada beberapa poin yang menjadi aspek penilaian oleh tim penguji.

“Tim penguji itu terdiri dari 3 lembaga ya, yang pertama MPU, kemudian Kemenag dan LPTQ. Yang diuji sesuai dengan keputusan KIP, yang pertama memang fasahah atau makrajat huruf, kemudian adab dan kemampuan membaca,” jelas Sayuti.

Dirinya menambahkan jika ketiga bacalon ini dinyatakan mampu oleh tim penguji, maka ketiganya akan mengikuti tahapan selanjutnya.

“Jika dinyatakan mampu, ketiga paslon akan melengkapi tahapan selanjutnya yakni verifikasi tentang semua administrasi calon, selanjutnya penetapan calon, setelahnya penarikan nomor urut,” tutup Sayuti.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut