get app
inews
Aa Read Next : Iptu Vitra Rahmadani Jadi Kasat Reskrim Polres Nagan Raya

Polres Aceh Barat Gelar Rakor Pencegahan Dan Penanganan Karhutla

Jum'at, 27 Mei 2022 | 20:22 WIB
header img
Kepolisian Polres Aceh Barat Menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Afsah / iNews.)

ACEH BARAT,iNews.id - Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah setempat, si aula Mapolres, Jum'at (27/5).

“Dengan adanya Rakor seperti ini akan ada satu persepsi dan koordinasi apabila ada bencana karhutla sehingga dapat ditanggulangi bersama-sama,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso, S.IK, M.

dalam sambutanya. Dikatakannya, dalam rakor ini ada beberapa hal yang dibahas atau bagaimana langkah-langkah pencegahan maupun penanganan karhutla.

Adapun yang perlu diperhatikan antara lain, sosialisasi, edukasi, dan pemadaman serta penegakan hukum.

Selain itu, dirinya juga mengajak pihak yang telah hadir dalam rapat koordinasi agar gencar sosialisasi tentang antisipasi Karhutla, agar lebih ditingkatkan demi mencegah terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan karena masalah Karhutla menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Untuk pemadaman dicek lagi kesiapan dan kelayakan alat yang ada dan yang akan digunakan untuk pemadaman apabila terjadi Kebakaran hutan dan lahan, serta masalah terkait penegakan hukum kita akan menegakan hukum secara penuh kepada tersangka yang terbukti melakukan pembakaran lahan sehingga betul-betul ada efek jera,” tegasnya.

Ditambahkannya, kemudian kepada para Keuchik (kepala desa) agar menambah kanalisasi di wilayahnya yang sering terjadi Karhutla dan lakukan deteksi dini dengan melakukan pemantauan di area-area rawan titik api yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

Sekdakab Aceh Barat, Marhaban pada kesempatan tersebut menyampaikan, rapat koordinasi penanganan Karhutla ini sangat penting dan perlu ditindaklanjuti kedepannya dengan persiapan yang matang dalam penanganan karhutla.

“Dirinya siap mendukung segala sesuatu terkait penanganan karhutla di Kabupaten Aceh Barat karena hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak,”tandasnya.

Rapat koordinasi penanggulangan Karhutla di wilayah hukum Polres Aceh Barat itu dihadiri Sekda Aceh Barat, Kejaksaan, Kalaksa BPBD Aceh Barat, perwakilan Dandim 0105/ Aceh Barat, para kepala SKPK terkait, Camat dan Kepala Desa dan sejumlah pihak lainnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut