Dandim 0107 Asel Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga Yang Terdampak Banjir

Ichdar Ifan
Dandim 0107 Asel Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga Yang Terdampak Banjir. (Foto: iNews/ Ichdar Ifan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id - Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah, SE di dampingi Ketua Persit KCK Cabang XXIX Kodim 0107/Aceh Selatan Ny. Dewi Helmy menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Sigleng, Kecamatab Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (6/11/2022).

Penyerahan bantuan tersebut langsung di lokasi banjir tetapatnya di Desa Sigleng Kecamatan Trumon dan diterima oleh Kepala Dusun setempat dan turut d dampingi Danramil 09/Trumon Tengah Kapten Inf Endanf Ruhiyat Ketua Ranting 10 Persit KCK Trumon Tengah dan Baninsa.

Akibat banjir yang terjadi sudah berlangsung beberapa hari ini, selain merendam beberapa Desa di Kecamatan Trumon Tengah, juga merendam beberapa Desa d Kecamatan Trumon, yaitu Desa Padang Harapan, Desa Ujung Tanoh, Desa Keude Trumon dan Desa Sigleng.

Dandim Aceh Selatan menyampaikan, bantuan sembako yang diberikan kepada masyarakat tersebut sebagai rasa empati dan kepeduliannya atas musibah banjir yang saat ini terjadi minimpa masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan khususny di Trumon Tengah dan Kecamatan Trumon.

"Kita turut prihatin atas misibah bencama alam yang saat ini terjadi kepada warga di dua Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan,"ujar Dandim.

Sembako yang diserahkan Dandim ini berupa Beras, minyak goreng dan bahan pokok lainnya diserahkan kepada sejumlah warga Desa Sigleng yang terkena banjir.

Pada kesempatan ini juga, selain menyerahkan bantuan kepada warga Desa Sigleng, Dandim Aceh Selatan juga mendistribusikan bantuan sembako dari pemerintah kepada sejumlah masyarakat Desa Padang Harapan yang mengungsi di Kantor Kecamatan Trumon.

Dandim Aceh Selatan juga menyampaikan, bahwa pihaknya terus melakukan upaya-upaya penanganan banjir tersebut, seperti membantu evakuasi warga, pendistribusian bantuan sembako, mamantau situasi banjir langsung kelapangan serta upaya-upaya lainnya.

Berikut Apdate data banjir di Kecamatan Trumon Tengah dan Kecamatan Trumon :

A. Banjir di Kecamatan Trumon Tengah.

1. Desa Ladang Rimba a) Air masih menutupi badan jalan lintas Tapaktuan - Subulussalam dengan ketinggian air mencapai 40 s.d 90 cm, banjir yang menggenangi jalan lintas negara sepanjang 150 M. b) Air juga masih mengenangi rumah warga sebanyak 6 rumah, dengan ketinggian air mencapai 30 cm. c) Saat ini ada 2 KK warga yang mengungsi d) Kondisi air saat ini sudah berangsur surut.

2. Desa Lhok Raya a) Air masih menggenangi sekitar 107 unit rumah warga dengan ketinggian air 40 s.d 80 cm b) Sebanyak 52 KK masih mengungsi ke Desa Ie Jernih dibantu oleh BPBD dan Muspika Kecamatan Trumon Tengah c) Saat ini banjir masih mengenangi badan jalan yang menuju desa Lhok raya dengan ketinggian air 40 s.d 60 cm. d) kondisi air saat ini berangsur surut

3. Desa Cot Bayu a) Air masih menggenangi sekitar 150 rumah warga dengan ketinggian air 100 s.d 140 cm b) Sebanyak 33 kk masih mengungsi dan 176 masih bertahan di rumah masing-masing. c)

Saat ini jalan menuju desa Cot Bayu masih terendam air dengan ketinggian 100 s.d 200 cm d) Kondisi saat ini air berangsur surut.

B. Banjir di kecamatan Trumon. 1. Desa Padang Harapan a) Saat ini banjir masih menggenangi badan jalan yang menuju desa Padang Harapan dengan ketingian air mencapai 100 s.d 180 cm.

b) Banjir masih menggenangi 82 unit rumah warga dengan ketingian air 100 s.d 180 cm. c) Sebanyak 9 kk masih mengungsi sedangkan yang lainnya masih bertahan di rumah masing-masing.

2. Desa Ujung Tanoh a) Saat ini air masih menggenangi 12 unit rumah warga dengan ketinggian 40 s.d 60 cm.

b) Air masih menggenangi badan jalan menuju Kota Trumon dengan ketinggian 40 s.d 60 cm dan tidak dapat dilintasi kendaraan kecil roda 2 dan roda 4. c) Warga yang rumahnya tergenang banjir masih bertahan di rumah masing-masing 3.

Desa Senebok Jaya a) Air masih menggenangi badan jalan desa dengan ketinggian 20 s.d 30 cm. b) Tidak ada rumah warga yang tergenang air. c) Warga yang mengungsi : Nihil

4. Desa Sigleng a) Banjir masih mengenangi badan jalan menuju desa Sigleng dengan ketinggian air 20 s.d 40 cm. b) Banjir masih mengenangi rumah warga : Nihil c) Warga yang mengungsi : Nihil

5. Desa Keude trumon a) Banjir masih mengenangi badan jalan menuju desa Keude Trumon dengan ketinggian air 30 s.d 40 cm. b) Tidak ada rumah warga yang tergenang air. c)Warga yang mengungsi : Nihil.

Bupati Aceh Selatan telah menetapkan status Tanggap Darurat Bencana Daerah selama 14 hari, mulai 3 sampai 18 November 2022.

Adapun masyarakat yang mengungsi terdapat di tiga titik lokasi, di Mako Kompi 1 Batalyon C Brimob, Salter Desa Cot Bayu dan Kantor Camat Trumon.

Untuk penanganan bencana banjir ini pemerintah Kabupaten Aceh Selatan telah menyediakan tempat lokasi pengungsian di tiga titik tersebut, menyalurkan bantuan sembako serta pelayanan kesehatan.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network