get app
inews
Aa Read Next : Nekat Selundupkan 6 Kg Sabu, 3 Pria Asal Aceh Ditangkap di Bandara Kualanamu

Ngeri, Harga Cabai Merah Semakin Pedas di Aceh Singkil

Jum'at, 17 Juni 2022 | 11:18 WIB
header img
Harga Cabai Merah Semakin Pedas di Aceh Singkil.(foto : Suparman Munthe-iNews TV)

ACEH SINGKIL, iNews.id - Sejak beberapa hari terakhir harga sejumlah bahan pokok naik mencapai 100 persen dari harga biasanya akibatnya pembeli mengeluh hingga omset pedagang juga menurun.

Pembeli mengeluhkan kenaikan sejumlah bahan pokok yang sangat drastis hingga 100 persen dari harga biasanya kenaikan itu juga menyebabkan omset sejumlah pedagang turun.

Sejak beberapa hari terkahir harga cabai merah cabai rawit serta bawang merah di sejumlah pasar Kabupaten Aceh Singkil naik drastis.

Biasanya harga cabai merah hanya berkisar Rp40.000 per kilogram kini naik menjadi Rp80.000 per kilogram, sementara harga cabai rawit yang semula Rp40.000 menjadi Rp60.000 perkilogram.

Sedangkan harga bawang naik menjadi Rp60.000 per kilogram dari yang semula Rp35.000.

Kurangnya pasokan barang dari petani dan pengumpul di Sumatera Utara yang merupakan pemasok tersebesar menjadi salah satu penyebab kenaikan harga itu.

Salah seorang pedagang asal Sidikalang, Robinson Aritonang mengatakan berkurangnya pasokan itu karena tingginya harga pupuk yang menyebabkan banyak petani alami gagal panen.

Akibat kenaikan harga itu pembeli harus mengurangi bobot belanjaannya hal itu menyebabkan omset pedagang juga ikut turun sekitar 30 persen dari biasanya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut