get app
inews
Aa Read Next : PLN Tapaktuan Inspeksi Jaringan Jaga Kehandalan Pasokan Listrik

Dirut PLN: Kami telah Menurunkan Utang selama 2 Tahun Rp62,5 Triliun

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:39 WIB
header img
Dirut PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan telah menurunkan utang selama 2 tahun Rp62,5 triliun. Foto: Tangkapan layar

JAKARTA, iNews.id - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan telah menurunkan utang sebesar Rp62,5 triliun dalam 2 tahun. Hal ini berkat sejumlah langkah proaktif yang dilakukan perseroan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, efisiensi yang dilakukan menjadi daya tahan bagi PLN untuk menghadapi segala tantangan. Salah satunya, menurunkan utang perusahaan.

"Kami telah menurunkan utang kami selama 2 tahun Rp62,5 triliun dan dalam proses ini kami juga mengurangi biaya operasi kami, baik itu pembayaran bunga, pembayaran pokok sekitar Rp7 triliun di tahun 2021 saja ditambah tunjangannya Rp5 triliun selama 5 tahun mendatang," kata dia dalam Webinar BUMN Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional oleh MNC Portal Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Dengan kondisi efisiensi dan optimalisasi capital expenditure (capex), PLN mampu memitigasi faktor eksternal yang berdampak pada keuangan PLN.

Begitu juga dari pengelolaan utang, PLN mampu menurunkan utang.

PLN juga memprediksi bisa mengurangi beban utang Rp5 triliun per tahun. Hasil lainnya, biaya pokok produksi listrik turun dari Rp1.438 menjadi Rp1.333 per kWh di 2021.

Di masa pandemi saat demand turun, namun PLN kini berhasil meningkatkan demand menjadi 6,7 persen, bahkan di sektor industri naik 14,3 persen.

Selain itu, pelanggan PLN juga naik dari 79 juta menjadi 83 juta. Itu karena PLN berhasil merombak pelayanan pelanggan dengan aplikasi PLN Mobile, sehingga kontribusi pajak PLN pada 2021 naik Rp5,7 triliun dari Rp25,5 triliun menjadi Rp31,2 triliun.

Menurutnya, PLN telah melakukan terobosan-terobosan yang perlu adanya inovasi hingga digitalisasi. Terpenting, perubahan cara pandang dan bertindak.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut