get app
inews
Aa Read Next : Kisah Jurnalis Perempuan Palestina Meliput Agresi Israel di Jalur Gaza Sambil Jaga Anak Viral

Pemkab Aceh Selatan bersama The Tapaktuan Post Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Siswa SLTA

Selasa, 06 September 2022 | 18:03 WIB
header img
Pemkab Aceh Selatan bersama The Tapaktuan Post Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Siswa SLTA. (Foto: Ichdar Ifan- iNews.id/MNC).

ACEH SELATAN, iNews.id - Pemkab Aceh Selatan bekerjasama dengan Media The Tapaktuan Post menggelar pelatihan jurnalistik bagi siswa - siswi Tingkat SLTA, di SMAN 1 Trumon Timur, Selasa pagi (6/9/2022).

Pelatiha ini bertujuan untuk memberikan edukasi tata cara penulisan berita yang benar sesuai kaidah jurnalistik, sebagai salah satu tugas dan fungsi pers sesuai undang - undang nomor 40 Tahun 1999.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Trumon Timur Husin S.Pd dan disambut baik oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Trumon Timur Syamsuir S.Pd yang turut dihadiri oleh jajaran Diskominfosan Asel, para peserta pelatihan jurnalistik, dewan guru dan 2 Narasumber, Kepala Bidang Komunikasi Informasi Rinaldi S.Sos, dan Jurnalis INews - MNC Media Ichdar Ifan ST.

Narasumber Pelatihan Jurnalistik Rinaldi S.Sos menerangkan, dalam penulisan berita, tentunya harus sesuai dengan kaidah maupun kode etik jurnalistik.

Menulis berita harus sesuai fakta dan lengkap informasi yang disajikan sesuai kaidah‑kaidah jurnalistik.

Ada banyak lead atau teras berita yang bisa dibuat, namun umumnya sebuah berita semestinya mengandung unsur‑unsur 5W+1H, jelasnya.

Hal itulah dikatannya yang perlu diperhatikan dalam profesi jurnalis, dari materi yang disampaikan itu, tampak antusiasme 25 siswa/siswi SMAN 1 Trumon Timur yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pasalnya materi yang diberikannya pun beragam, diantaranya teori penulisan berita tahap awal, foto jurnalistik, edukasi dan memviralkan sebuah informasi.

"Kita memberikan edukasi untuk bisa membuat dan menyalurkan berbagai konten sehingga menjadi generasi yang produktif dan memberikan banyak warna yang sangat baik dalam dunia informasi," imbuhnya.

Sementara itu pemateri kedua Jurnalis iNews - MNC Media Ichdar Ifan menyampaikan materi teknis dasar menulis Berita, dan pengambilan gambar dari sudut pandang kamera.

Sehingga dengan kegiatan ini para peserta dapat menambah wawasan jurnalistik dan semangat menulis dan berliterasi di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Ia juga menambahkan sebagai salah satu pematik dalam pelatihan jurnalistik ini, “Dasar-dasar Jurnalistik ini juga bisa menjadi bahasan referensi bagi siapa saja yang ingin mengenal atau terjun ke dunia jurnalistik, ingin memahami ilmu dasar kewartawanan.

Paling tidak jika memahami konsep jurnalistik akan membuat pembaca lebih kritis dalam menerima informasi atau menyerap berita yang tersaji di media massa, media online, agar bisa membedakan mana berita yang benar atau hoax,” pungkasnya.

Lanjut ifan pelatihan ini diharapkan dapat bertambahnya wawasan peserta untuk meningkatkan kapasitas siswa lain dan mengkoordinasikan dengan pihak yang berkepentingan di sekolah dalam proses pembelajaran dibidang media pers khususnya jurnalistik dan Siswa semakin aktif dan partisipatif dalam pengembang media jurnalistik di sekolah misalnya dalam pengisisan majalah dinding sebagai sarana pengembangan siswa serta meningkatkan kempampuan Siswa/i dalam pemahaman dunia jurnalistik di Era Digitalisasi. Tutupnya

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut