get app
inews
Aa Read Next : Viral, Perempuan Putus Cinta Gegara sang Kekasih Lebih Bela Selingkuhannya

Kasian, Askia Warga Pidie Jaya Ini Alami Berat Badan Lebihi Orang Dewasa Hingga Putus Sekolah

Kamis, 15 September 2022 | 08:43 WIB
header img
Kasian, Askia Warga Pidie Jaya Ini Alami Berat Badan Lebihi Orang Dewasa Hingga Putus Sekolah. (Foto : Dok Istimewa).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Askia (10) warga Gampong Meunasah Blang Sukon, Cubo, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, anak dari pasangan Usman Muhammad (almarhum) dan Badriah Pakeh yang mengalami penyakit obesitas dari sejak umur 8 bulan.

Namun saat ini kondisi berat badan yang dialami oleh Askia yang masih berumur 10 tahun ini, malah melebihi dari pada berat badan orang dewasa, bahkan berat badannya mencapai 98 kg.

"Penyakit yang di alami oleh adik saya katanya obesitas, sehingga berat badannya pun melebihi dari pada berat badan orang dewasa,"sebut Nur Alia, sang kakaknya, Kamis (15/09/2022).

Dengan kondisi keluarga yang kurang mampu (miskin) yang saat ini tinggal dirumah bantuan ini membuat pengobatan sang adik pun Askia tak bisa lakukan, dimana sang ayah sekitar dua bulan yang lalu telah meninggal dunia.

Kini hanya berharap dari pekerjaan sang ibunya Badriah Pakeh yang sebagai petani biasa yang hanya bisa mencari rezeki seadanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan kondisi perekonomian yang sulit sehingga membuat Askia yang menderita penyakit obesitas tak lagi bersekolah, bahkan saat ini kondisinya untuk berjalan saja sudah sangat susah.

"Kini adik saya sudah putus sekolah, dulu waktu ada ayah, dia di antar oleh ayah kesekolah, sekarang jangankan bersekolah jalan aja susah di tambah lagi untuk biaya perobatan dia yang gak ada uangnya," ujarnya.

Dia berharap adanya pihak dermawan untuk membantu pengobatan adiknya, agar bisa menjadi seperti anak-anak normal lainnya.

Sementara itu, Edy Azwar, Kadiskes Pidie Jaya, saat di hubungi iNews.id menyatakan dirinya belum mengetahui adanya anak berumur 10 tahun yang mengalami penyakit obesitas di kawasan Gampong Meunasah Blang Sukon Cubo, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, Aceh.

"Terimakasih bang atas infonya, nanti saya akan hubungi kapus dulu, setelah itu nanti akan saya kabari abang lagi, karena belum adanya laporan ke saya tentang ini," sebut Edy Azwar.

Sementara itu Kepala Puskesmas Cubo, Ibrahim, saat di hubungi iNews.id, membenarkan adanya anak berumur 10 tahun yang menderita penyakit obesitas (lebih berat badan) di Gampong Blang Sukon, yang kini sudah putus sekolah.

"Benar pak, anak itu selama ini masih kami yang kontrol dan memberi obatnya, tadi pak kadis pun ada telpon tanya itu," kata Ibrahim.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut