get app
inews
Aa Read Next : Piala Asia U-23 2024, Hasil Babak Pertama Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23 Skor 0-0

Ini Sejumlah Deretan Kota Terunik di Indonesia, Termasuk Pulau Sabang

Kamis, 15 September 2022 | 17:27 WIB
header img
Kota Terunik di Indonesia salah satunya Kota Sabang di Aceh. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.idKota terunik di Indonesia ini menarik untuk diketahui untuk Anda yang hobi traveling. Indonesia dengan ratusan kota ternyata memiliki pesona unik masing-masing.

Kota di Indonesia memiliki keunikan dan pesona yang tak kalah dengan kota-kota di negara lain. Penasaran?Deretan Kota Terunik di Indonesia.

Sabang Kota

Sabang merupakan kepulauan di seberang utara Pulau Sumatera dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar.

Kota ini sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia. Nama Sabang berasal dari bahasa Aceh yaitu ‘Saban’ yang memiliki artinya sama hak dan kedudukan dalam segala hal.

Kota ini dijuluki sebagai Kota Seribu Benteng, karena memiliki banyak benteng peninggalan masa penjajahan Jepang.

Pada perang dunia 2, Jepang menjadikan Sabang sebagai pelabuhan militer.Keunikan lainnya, kota ini berada di titik nol kilometer Indonesia.

Kuala Kencana

Kuala Kencana merupakan kota yang terletak di Mimika, Papua. Kuala Kencana ini sebuah distrik. Namun, Kuala Kencana memiliki keunikan tersendiri.

Kota ini adalah kota modern pertama di Indonesia. Banyak sekali keunikan dari kota satu ini. Salah satunya, kota pertama yang menggunakan underground utilities.

Tak hanya itu, kota ini juga memiliki gaya perumahan yang berbeda dari kota lain. Perumahan di kota ini ditata seperti gaya perumahan di luar negeri.

Agats Kota

Agats, yang merupakan sebuah wilayah pemekaran baru Kabupaten Asmat merupakan bagian dari Provinsi Papua.

Kota ini berada di pesisir selatan Pulau Papua. Keunikan dari kota ini karena berdiri di atas tanah berlumpur dan rawa, sehingga membuat kota ini harus menggunakan sarana jalan yang berupa papan untuk kokoh berdiri.

Jika dilihat sekilas, kota ini menyerupai dermaga. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, jembatan ini disempurnakan dan berubah menjadi beton.

Keunikan lainnya, bangunan di kota ini menyesuaikan dengan bentuk rumah panggung. Tak hanya itu, Kota Agats juga berpegang erat dengan budaya dan daya tarik wisata yang dimiliki.

Gili Trawangan Lombok memang selalu menjadi tempat wisata yang dikunjungi oleh banyak orang.

Keindahan Lombok tersebar di segala penjuru wilayahnya, salah satunya Gili Trawangan yang memiliki keindahan pantai dengan pasir putih.

Keunikan kota ini yaitu, kota yang terbebas dari polusi. Di Gili Trawangan bebas dari sepeda motor dan juga mobil. Udara yang bersih dan juga pemandangan pantai pasir putih menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki Gili Trawangan.

Selain itu, Gili Trawangan merupakan gili terbesar di antara tiga gili, yaitu Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Di Gili Trawangan pula satu-satunya gili yang memiliki bukit karena Gili Trawangan adalah pulau yang paling tinggi.

Alor

Alor merupakan sebuah Pulau yang terletak di ujung timur, Kepulauan Nusa Tenggara. Dengan luas wilayah 2.119 km persegi, Alor merupakan salah satu pulau terluar Indonesia.

Kota Nusa Tenggara Timur memang tak perlu diragukan lagi kecantikannya. Alor, wilayah yang terdapat di sana juga memiliki kecantikkan yang tak kalah bagusnya. Keunikan dari kota ini adalah ditemukan banyaknya moko.

Moko adalah salah satu peninggalan budaya prasejarah Dongson di Vietnam. Dengan julukan Negeri Seribu Moko, moko sangat berharga di pulau ini.

Selain itu, di Alor terletak Kampung Takpala. Kampung ini sekarang dijadikan kampung wisata budaya.

Semarang

Kota Semarang tentunya bukan kota asing. Kota ini adalah salah satu kota yang terkenal akan wisata sejarahnya. Kota yang juga disebut Venentie Van Java ini memiliki beberapa keunikan.

Keunikan pertama, kota ini memiliki banyak wisata sejarah. Kota ini juga dianggap sebagai Kota Pelabuhan. Keunikan selanjutnya, kota ini dikenal sebagai Kota Benteng.

Wisata sejarah di kota ini sangat kental, karena banyak sekali bangunan bersejarah jaman penjajahan.

Denpasar Kota terunik di Indonesia berikutnya yaitu Denpasar.

Siapa yang tak kenal dengan keindahan Denpasar? Dengan keunikannya, Denpasar berhasil memikat banyak wisatawan dari berbagai negara untuk melihat keindahan dan keunikan kota ini.

Nama ‘Denpasar’ berasal dari kata Den yang berarti utara dan Pasar yang berarti pasar, sehingga jika digabungkan akan bermakna “Utara Pasar”.

Nama ini disematkan karena letak Denpasar berada di utara pasar. Meskipun dikenal dengan teriknya matahari, Denpasar memiliki udara yang sejuk.

Berbeda dengan kota-kota besar lain yang bercuaca panas dan udara yang sama juga panasnya.

Selain itu, keunikan lainnya yang ada di Denpasar adalah toleransi budaya yang tinggi. Mayoritas penduduk Denpasar beragama Hindu, namun masyarakat setempat saling bertoleransi dengan umat lainnya.

Selain toleransi yang tinggi, Denpasar juga masih kental dengan kebudayaannya yang masih lestari. Salah satu contohnya adalah Ngaben, upacara kremasi di pulau Bali. Di Denpasar juga banyak sekali para pengrajin dan juga seniman.

Itulah deretan kota terunik di Indonesia. Tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut