get app
inews
Aa Read Next : Hasil Muscab II, Dr.Kurdi Kembali Pimpin PII Cabang Aceh Barat

Kirgistan-Tajikistan Memanas Lagi, Baku Tembak Kembali Pecah

Jum'at, 16 September 2022 | 12:33 WIB
header img
Layanan penjaga perbatasan Kirgistan melaporkan pasukan Tajik sekali lagi menembaki beberapa pos terdepan. (Foto: Reuters)

BISHKEK, iNewsPortalAceh.id - Layanan penjaga perbatasan Kirgistan pada Jumat (16/9/2022) melaporkan pasukan Tajik sekali lagi menembaki beberapa pos terdepan. Penjaga perbatasan Kirgistan membalas tembakan ketika bentrokan terjadi di sepanjang perbatasan.

Serangan terjadi pada setelah konfrontasi singkat awal pekan ini. Hubungan dua negara yang merupakan sekutu Rusia itu memanas.

Presiden Kirgistan, Sadyr Japarov dan Presiden Tajik, Emomali Rakhmon sama-sama menghadiri pertemuan puncak badan keamanan regional di Uzbekistan. Mereka dengan sejumlah pemimpin lainnya muncul bersama dalam foto saat makan malam pada Kamis (15/9/2022).

Bentrokan di perbatasan yang tidak memiliki pemisah tegas itu sering terjadi. Tetapi biasanya mereda dengan cepat, meskipun tahun lalu mereka hampir menyebabkan perang besar-besaran.

Kedua negara menjadi tuan rumah pangkalan militer Rusia dan memiliki hubungan dekat dengan Moskow. Rusia mendesak mereka untuk menghentikan permusuhan.

Sebelumnya, seorang penjaga perbatasan Tajikistan tewas dalam bentrokan dengan Kirgistan. Selain itu, ada dua penjaga lainnya yang terluka.

Dilansir dari kantor berita RIA Novosti yang mengutip pasukan perbatasan Tajikistan pada Rabu (14/9/2022) melaporkan bentrokan terjadi pada malam pertemuan badan keamanan regional.

Perang pecah setelah penjaga perbatasan Kirgistan menuduh orang Tajik mengambil posisi di bagian perbatasan yang tidak diberi batas.

“Ada insiden penggunaan senjata di perbatasan negara Kirgizstan-Tajikistan,” ungkap seorang juru bicara Dinas Perbatasan dari Komite Negara untuk Keamanan Nasional Kirgizstan, kepada kantor berita Sputnik, Rabu (14/9/2022).

Kantor berita Rusia, RIA, dengan mengutip Dinas Perbatasan Kirgizstan melaporkan bahwa tentara Tajikistan melepaskan tembakan setelah diminta untuk meninggalkan “posisi tempur” di sepanjang perbatasan.

Sebagai tanggapannya, tentara penjaga Kirgizstan pun menggunakan senjata mereka.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut