get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Siswa SMA dan SMK di Aceh Tengah Pungut Sampah di Pante Menye Danau Lut Tawar

Siswi SMAN 1 Takengon Wakili Aceh di Ajang OSN 2022 Tingkat Nasional

Minggu, 18 September 2022 | 20:32 WIB
header img
Siswi SMAN 1 Takengon Wakili Aceh Diajang OSN 2022 Tingkat Nasional. (Foto: iNews/ Erwin).

TAKENGONiNews.id - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Takengon pantas berbangga diri setelah seorang siswanya lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2022.

Kepala SMAN 1 Takengon, Konadi Lingga, Minggu, (18/09/2022) mengatakan, Najwa Mutiah yang merupakan siswa kelas XI, SMAN 1 Takengon, lolos OSN 2022 untuk bidang kebumian.

Najwa merupakan bagian dari 19 siswa Aceh yang akan mengikuti OSN 2022 menjadi wakil Provinsi Aceh ke nasional, dari 9 bidang yang diperlombakan dalam OSN 2022.

Dari 19 siswa yang mewakili Aceh di ajang OSN 2022 tersebut, Banda Aceh mengirimkan peserta terbanyak dengan sembilan orang. Disusul Aceh Besar 4 orang, dan Aceh Selatan 3 orang.

Sementara, Aceh Tengah, Subulussalam, dan Lhokseumawe masing-masing 1 orang.

“Alhamdulillah, ini pertama dalam sejarah SMAN 1 Takengon, satu siswa kita lolos ke OSN dengan sebelumnya menjadi juara pertama di OSN tingkat Provinsi,” kata Konadi

Menurutnya, meski dalam sejarahnya SMAN 1 Takengon sudah pernah menang hingga ke tingkat internasional khusus untuk lomba karya tulis ilmiah, namun untuk olimpiade sains, ini pertama dalam sejarah sejak SMA tertua di Aceh Tengah tersebut berdiri.

“Kita patut bersyukur, dan ini merupakan prestasi yang luar biasa, dan kita apresiasi kegigihan Najwa,” ucap nya bahagia.

Ia merincikan, bidang OSN yang dilombakan antara lain, bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/Komputer, Kebumian, Astronomi, Ekonomi dan Geografi.

“Dan siswa kita Najwa Mutiah yang berasal dari Tansaran, Kecamatan Bebesen, menjadi wakil Aceh di bidang kebumian. Dan satu-satunya dari Aceh Tengah,” terangnya.

Konadi menambahkan, pihaknya akan terus membimbing Najwa agar bisa bersaing di tingkat nasional.

“Kita masih menunggu info dari Disdik Aceh terkait kapan jadwal penyelenggaraannya. Intinya, sebelum perlombaan berlangsung kita terus menambah materi ke siswa kita ini. Dengan harapan, nantinya mampu bersaing, dan mohon do’a nya kita bisa menang di ajang paling bergengsi ini,” tutup Konadi Lingga.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut