get app
inews
Aa Read Next : Banjir Bandang Terjang Gayo Lues, Sejumlah Rumah Rusak

4 Siswi SMAN Seribu Bukit Gayo Lues Wakili Indonesia Diajang AJYELN

Rabu, 06 September 2023 | 19:06 WIB
header img
Keterangan foto : Keempat Siswi SMAN Seribu BUkit Gayo Lues, yang mewakili Indonesia dalam ajang AJYELN.(iNews/ Dosaino Ariga).

GAYO LUES, iNewsPortalAceh.id – Empat siswi SMAN Seribu Bukit Gayo Lues, yakni, Nadia Aulia, Muliara Sakila, Kendra Jovita dan Susila Lestari, mewakili Indonesia dalam ajang Asean Japan Young Environmental Leaders Netwok (AJYELN), yang merupakan sebuah program yang diadakan Negeri Sakura untuk tingkat Asean.

Hal ini sebuah terobosan yang menuntut para kaula muda, khususnya para pelajar tingkat SMA untuk berkarya dan berinovasi, dalam menciptakan solusi menjaga lingkungan dari limbah plastik.

Keempat siswi ini awalnya mengajukan proposal yang berisi tentang inovasi penanggulangan plastik.

Dari hasil seleksi, proposal mereka yang berjudul “Go Green Go Clean Lets Save Our Earth” berhasil menyisihkan peserta lain dari Indonesia.

Untuk itu mereka berhak mendapatkan dana segar sebesar 100.000 yen sebagai pendanaan awal proyek tersebut.

Kegiatan yang diprakarsai Negara Jepang ini, merekrut perwakilan dari 11 negara Asean, yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja dan Timor Leste.

“Alhamdulillah, Empat siswi SMAN Seribu Bukit Gayo Lues, mewakili Indonesia di tingkat Asean,” sampai Kepala SMAN Seribu Bukit, Marjoni, S.Pd, Rabu 6 September 2023.

Bahkan sebagai Kepala di SMAN tersebut, dirinya memberikan apresiasi kepada keempat siswi tersebut.

”Keempat Siswi ini mengajukan proposal tentang inovasi dalam penanggulangan sampah plastik. Kemudia proposal diseleksi oleh panitia. Tetapi, dari sekian banyaknya proposal yang masuk, Alhamdulillah mereka lolos dan akan mendapatkan biaya 100 ribu yen untuk keberlangsungan kampanye dan juga pengembangan inovasi proyek mereka,” papar Marjoni.

Adapun inovasi yang mereka ajukan sambung Marjoni, yakni kampanye pengurangan penggunaan sampah plastik, dengan mengganti plastik dengan keranjang belanja serta membuat bata berbahan plastik.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut