Permukiman Padat Penduduk Diterjang Banjir Luapan Sungai di Aceh Selatan

Ichdar Ifan
.
Kamis, 22 September 2022 | 10:13 WIB
Permukiman Padat Penduduk Diterjang Banjir Luapan Sungai di Aceh Selatan. (Foto: Dok Warga).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id - Pasca intensitas hujan tinggi yang menguyur Kabupaten Aceh Selatan mengakibatkan debit air sungai meluap kepermukiman penduduk di Kabupaten Aceh Selatan, pada Rabu 21 Setember 2022 kemarin sekitar pukul 21.00 WIB.

Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Aceh Selatan, Agusriadi, menyampaikan bencana banjir yang terjadi akibat hujan yang deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Selatan.

Maka beberapa wilayah permukiman di Kecamatan sejak pukul 14.00 WIB sampai Pukul 19.32 WIB mengakibatkan Banjir yang disebabkan meluapnya pengairan sungai di Beberapa Kecamatan Dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Kejadian tersebut mengakibatkan terjadinya bencana banjir dengan ketinggian yang bervariasi dari 30 cm sampai 1 Meter di Permukiman Padat Penduduk.

Lokasi kejadian dan data terdampak yautu berada Kecamatan Labuhan Haji Timur, Gampong Gunung Rotan, ketinggian air 30 cm, genangi 18 Unit Rumah.

Di Kecamatan Meukek, Gampong Kuta Buloh Satu, ketinggian air sampai 1 Meter, mengenangi 6 Unit Rumah, Gampong Jambo Papeun ketinggian air 30 Cm, mengenangi 20 Unit Rumah.

Kecamatan Kluet Tengah, Gampong Jambo Papeun Ketinggai Air 30 Cm, Gampong Pulo Air Ketinggian Air 30 Cm, Gampong Mersak Ketinggian Air 30 Cm.

Kecamatan Kluet Timur, Gampong Lawe Sawah Banjir Hanya di Jalan, dan Kecamatan Trumon Tengah Gampong Tengoh Banjir Hanya di Jalan.

Kepala Pelaksan BPBD Aceh Selatan menugaskan personil TRC Damkar PB 03 Labuhanhaji ke lokasi, TRC Damkar PB 02 Meukek Ke Wilayah Kecamatan Meukek, TRC Damkar PB08 Kluet Tengah ke Kluet Tengah TRC Damkar PB 04 Berkoordinasi dengan Koramil Kluet Timur Terkait Kejadian Banjir, TRC Damkar PB 06 Trumon Kelokasi Kejadian di Trumon Tengah.

Personil personil TRC Damkar PB Masing-Masing WMK berkoordinasi dengan Perangkat Gampong dan Muspika terkait pemantauan di lokasi Masing-masing Terkait Kejadian Bencana.

Editor : Jamaluddin
Bagikan Artikel Ini