get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Pidie Tegaskan Peran Aktif Masyarakat Dalam Mengawasi Setiap Tahapan Pemilu 2024

Kemenag Tegaskan Peran Penting Guru dalam Program Moderasi Beragama

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 08:59 WIB
header img
Kementerian Agama (Kemenag) menekankan pentingnya peran guru madrasah dalam program moderasi beragama. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Kementerian Agama (Kemenag) menekankan pentingnya peran guru madrasah dalam program moderasi beragama. Karena program itu nantinya akan diturunkan menjadi beberapa program di daerah sehingga pemahaman guru dinilai penting.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM Kemenag, Abu Rokhmad dalam seminar moderasi beragama guru madrasah se-Solo Raya, Jumat (7/10/2022).

Seminar tersebut mengusung tema "Peningkatan Kompetensi Moderasi Beragama bagi Guru Madrasah". "Ini harus menjadi pemahaman bersama, guru madrasah harus terlibat dalam implementasi program moderasi beragama yang digagas oleh pusat," ucap Abu.

Menurutnya peran guru madrasah menjadi sangat penting dalam proses penajaman moderasi beragama dengan memperhatikan fungsi informatif, komunikatif, edukatif, dan motivatif dalam menjalani tugas kesehariannya.

"Ini kan guru madrasah setiap hari bersinggungan langsung dengan para peserta didik, nah jadi mereka perlu mempertegas kembali implemtasi nilai-nilai moderasi beragama terutama dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Abu melanjutkan program moderasi beragama akan di-breakdown menjadi program turunan lainnya di daerah. Salah satunya dilakukan penyisipan pada kurikulum yang sudah ada.

"Kantor wilayah di seluruh Indonesia harus merumuskan strategi implementasi moderasi beragama tentunya kami harap para guru dapat menopang jalannya strategi ini,” kata Abu.

"Penyisipan akan menekankan pada aspek bagaimana substansi mata pelajaran dikaitkan dengan spirit moderasi beragama hingga dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut