get app
inews
Aa Read Next : Kerap di Kaitkan denga Agenda Pilkada 2024, Razikin : KIP Harus Jaga Independensi Lembaga

Kapolres Pidie Tegaskan Peran Aktif Masyarakat Dalam Mengawasi Setiap Tahapan Pemilu 2024

Selasa, 16 Januari 2024 | 21:50 WIB
header img
Kapolres Pidie Tegaskan Peran Aktif Masyarakat Dalam Mengawasi Setiap Tahapan Pemilu 2024.(Dok Istimewa).

SIGLI, iNewsPortalAceh.id- Masyarakat memiliki peran penting dalam melaporkan pelanggaran pemilu, mengawasi kampanye politik, serta mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara.

Melalui peran aktif masyarakat, nantinya akan dapat lebih efektif dalam mencegah dan menindak pelanggaran pemilu, sehingga pemilihan umum dapat berlangsung dengan adil, bebas, dan jujur.

Hall itu disampaikan oleh Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK, MH dalam kegiatan cofee talk bersama Muspika, PPK, Panwascam yang di laksanakan di Warkop Dirui Raya Kecamatan Kembang Tanjung, Pidie. Selasa (16/1/2024).

Lanjutnya, masyarakat kita adalah pengawas kita dalam mewujudkan pemilu yang damai dan bermartabat yakni ikut memantau pelaksanaan pemilu, mencegah terjadinya pelanggaran, menyampaikan dugaan pelanggaran dan menginformasikan dugaan pelanggaran-pelanggaran pemilu.

Dengan demikian, keterlibatan aktif masyarakat menjadi kunci dalam menjaga integritas demokrasi dan keberlanjutan proses pemilihan umum yang berkualitas.

Pesta demokrasi Indonesia dalam bentuk pemilihan umum serentak pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Lebih lanjut, Kapolres Pidie menyampaikan masyarakat memilik peran penting dalam menyukseskan jalannya Pemilu 2024.

Dia meminta masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya pemilu.

Polres Pidie siap mewujudkan dan mengamankan Pemilu yang damai, demokratis dan bermartabat. Untuk itu, setiap pemangku kepentingan harus mengawal seluruh rangkaian tahapan penyelenggaraan Pemilu dengan baik," sebut AKBP Imam Asfali, SIK, MH.

Menurutnya, aturan perundangan harus menjadi pedoman semua pihak untuk mewujudkan pemilu damai, sehingga masyarakat dapat melaksanakan segala aktifitasnya dengan aman dan nyaman.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut