get app
inews
Aa Read Next : Piala Asia U-23 2024, Hasil Babak Pertama Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23 Skor 0-0

Sri Mulyani Ungkap Anggaran Negara Paling Besar Dialokasikan untuk Ini

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:31 WIB
header img
Menkeu Sri Mulyani ungkap anggaran negara paling besar dialokasikan untuk ini, bukan infrastuktur. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, anggaran negara paling besar dialokasikan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM), mulai dari pendidikan, kesehatan, dan jaring pengaman sosial. Anggaran tersebut lebih besar dari anggaran untuk infrastruktur.

"Walau sering mahasiswa menyorotinya infrastruktur, apalagi kalau bahas IKN, padahal yang paling besar itu Rp612 triliun terkait pendidikan (peningkatan kualitas SDM)," kata dia di Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Lebih lanjut dia menuturkan, salah satu penggunan anggaran negara yang paling penting di bidang SDM. Itu diwujudkan dengan peningkatan di sektor pendidikan.

"Itu (Rp612 triliun) untuk berbagai macam, untuk pendidikan usia dini, dasar, menengah, sampai tinggi, bahkan sampai pascasarjana, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga jaring pengaman sosial," ujarnya.

Dia menyampaikan, anggaran tersebut sesuai amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, di mana 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus digunakan untuk belanja pendidikan.

Anggaran untuk pendidikan pada tahun sebesar Rp612 triliun naik sekitar 5,8 persen dari alokasi tahun ini senilai Rp574,9 triliun.

"Oleh karena itu, investment di bidang sumber daya manusia itu selalu menjadi bagian terbesar dalam keuangan negara," ucapnya.

Namun bukan hanya pendidikan, dia menjelaskan, dalam menguatkan SDM, pemerintah juga menyediakan jaring pengaman sosial.

"Jadi itu bagian dari keuangan negara untuk investasi di SDM agar menjadi manusia yang sehat, manusia yang bisa mengejar cita-citanya, sehingga mereka semua menjadi manusia yang bahagia," tuturnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut