get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Perawat Perempuan Dibacok OTK di Punggung, Polisi Buru Pelaku

Polres Aceh Barat Gelar Simulasi Pertolongan Korban Tenggelam

Kamis, 10 November 2022 | 15:53 WIB
header img
Polres Aceh Barat Gelar Simulasi Pertolongan Korban Tenggelam.(Afsah/ MNC Portal).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id - Polres Aceh Barat menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR) di bibir pantai Desa Suak Indrapuri, Kecamata Johan Pahlawan, Aceh Barat untuk meningkatan kemampuan anggota dalam Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) korban bencana alam, Kamis (10/11/2022).

Ketua Pelaksana Tim SAR Polres Aceh Barat, Iptu Karianta mengatakan pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya antisipasi dini dalam penanggulangan korban bencana alam serta untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam pertolongan darurat kepada masyarakat.

“Kita antisipasi sedini mungkin dalam rangka bencana alam, banjir, tanah longsor, maka kita lakukan latihan kemampuan SAR terbatas,” kata Iptu Karianta.

Ia menjelaskan, pelatihan SAR bagi anggota ini dilakukan selama dua hari yang melibatkan 31 personel. Dan menyebut program pelatihan SAR juga akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Kita programkan kegiatan ini berlanjut karena mengasah kemampuan personel Polres Aceh Barat untuk memudahkan masyarakat apabila ditemukan ada korban tenggelam dan lainnya bisa langsung dibantu,” jelasnya.

Karianta menambahkan, praktek pelatihan yang diajarkan yakni berawa dari laporan masyarakat terkait adanya seorang nelayan yang tenggelam, kemudian dilanjutkan dengan anggota menyusuri lokasi kejadian.

Setelah ditemukan korban anggota memberikan pertolongan pertama seperti mengeluarkan air dari tubuh korban.

“Disini kita ajarkan teknik-teknik penanganannya, Kemudian cara mendayung dan menggunakan pelampung, membalikan perahu karet, bagaimana cara menolong dengan cepat,” tambahnya.

Kemudian, lanjutnya setelah kita evakuasi kita bawa langsung ke rumah sakit untuk identifikasi bersama keluarga korban, menggunakan ambulance yang sudah kita koordinasikan dari tim medis Polres Aceh Barat.

“Diharapkan dengan adanya latihan ini, anggota Polres Aceh Barat terbiasa dan mampu melaksanakan tugas-tugas pertolongan dan penyelamatan korban tenggelam,” pungkasnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut