get app
inews
Aa Read Next : Majukan Dunia Wisata Dispar Gelar Sederet Event di Aceh Tengah

Dinilai akan Bawa Perubahan, Adi Bale Digadang Layak Wakili Aceh ke DPD-RI

Minggu, 11 Desember 2022 | 16:10 WIB
header img
Dinilai akan Bawa Perubahan, Adi Bale Digadang Layak Wakili Aceh ke DPD-RI.(iNews/ Erwin).

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id - Misriadi yang akrab di sapa Adi Bale, saat ini menjadi perbincangan hanggat dikalangan masyarakat di Aceh Tengah, dia dinilai akan bawa perubahan bagi masyarakat Aceh khusus nya Aceh Tengah ke arah yang lebih baik.

Dari perbincangam masyarakat disana tak sedikit dari mereka mengadangkan Misriadi untuk memasuki bursa calon, untuk mewakili Aceh ke Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), periode 2024-2029 mendatang.

Selain masih energik dan memiliki pemikiran cemerlang, ia juga dinilai aktif di berbagai organisasi.

Setidak nya, ada sejumlah jabatan ketua yang telah ia emban, diantaranya, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Ketua Federasi Balap Motor Aceh Tengah, Ketua Wushu Aceh Tengah.

Apalagi, ia telah dua periode mengemas Pemerintahan desa dengan baik, tanpa celah hukum.

Sedangkan untuk organisasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Aceh Tengah ia telah menjabat sebagai ketua selama 10 tahun.

Terakhir ia emban jabatan itu pada 2020 lalu. Segudang organisasi lainya yang ia emban adalah, wakil ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Aceh.

Biro hubungan antar anggota Ikatan Motor Indonesia Povinsi Aceh. Selain tidak konservatif melakukan terobosan di berbagai bidang, komunikasi Adi Bale dinilai "Hidup" tidak normatif dengan semua pihak.

"Dalam diskusi-diskusi dengan berbagai tokoh di Aceh Tengah, sosok Adi Bale tak luput dibahas untuk mewarnai bursa DPD-RI," kata salah satu pemuda di Aceh Tengah, Feriyanto kepada Portal Aceh iNewd.id Sabtu 10 Desember 2022.

Meski DPD-RI tidak sekuat DPR-RI. Hanya memiliki hak mengusulkan dan memberi pertimbangan, alias tidak memiliki hak suara.

Dalam kata lain, DPD adalah peserta peninjau dalam Parlemen Indonesia (MPR). "Tapi, bukan berarti DPD tidak perlu, sebab komunikasi antara daerah dan pusat harus terus tersalurkan dan saluranya salah satunya adalah DPD, kami menilai, langkah jitu dalam Tufoksi ini ada pada sosok Adi Bale," katanya.

Meski hingga saat ini belum santer terdengar siapa sosok yang layak diajukan untuk calon anggota DPD dari wilayah Tengah Aceh. Seperti sebelumnya, DPD dari wilayah tengah nihil pun DPR-RI nya kosong.

"Kami mencoba memberikan pertimbangan sekaligus sebagai bahan kajian, kelayakan dan kepatutan sosok Adi Bale mewarnai DPD-RI," ujarnya.

Adi Bale dengan latar belakang organisasi yang mempuni dinilai cukup faham dengan kondisi daerah dan apa yang dibutuhkan daerah mulai dari desa hingga Kabupaten.

"Itulah dasar kami menyimpulkan bahwa Adi Bale atau Misriadi memang layak mewakili daerah kita di Pusat. Tentu, ini hanya sebagai bahan pemikiran bersama. Selebihnya, pada rakyatlah kesimpulan dari segala kesimpulan," pungkas Feriyanto sembari melempar bahan pertimbangan kepada masyarakat Aceh Tengah.

Lewat salinan keputusan KPU-RI, Nomor 10 tahun 2022, tentang pencalonan perseorangan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota DPD masih memiliki waktu untuk menyusun kekuatan.

Dalam hal ini melengkapi berkas tentang penyerahan dukungan minimal pemilih. Persiapan penyerahan dukungan minimal pemilih dimulai pada 06 Desember 2022 dan berakhir pada 29 Desember 2022 mendatang.

Sedangkan, penyerahan dukungan pada 16 Desember 2022 dan berakhir pada 29 Desember 2022.

Selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi pada 30 Desember dan berakhir pada 12 Januari 2023. Prihal digadang untuk mewakili aceh menuju DPD RI, Adi Bale mengaku siap mengemban amanah yang di inginkan masyarakat untuk menduduki kursi di DPD-RI.

"Untuk amanah ini pada dasarnya kami siap, apalagi, tahun lalu dari Aceh Tengah nihil di DPD," kata Adi Bale.

Ia juga mengapresiasi dukungan masyarakat yang mengalir untuk nya. Atas kepercayaan yang diberikan ia juga akan berupaya untuk melengkapi syarat administrasi yang dibutuhkan.

"Memang masih ada peluang, tapi kita akan berupaya semaksimal mungkin," kata Adi Bale sembari meminta dukungan untuk melengkapi berkas persyaratan.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut