get app
inews
Aa Read Next : HRD Ikut Bahas RUU Pelayaran, Ini Harapannya

Polbangtan Medan Gandeng Anggota DPR RI Salim Fakhry Gelar Bimtek di Aceh Tenggara

Sabtu, 01 April 2023 | 18:31 WIB
header img
Teks Foto : Salim Fakhry saat menyerahkan bantuan beras kepada Yayasan Badrul Ulum Kecamatan Ketambe.(iNews/ Medi Arjuna).

ACEH TENGGARA, iNewsPortalAceh.id -Polbangtan Medan mengandeng Anggota komisi IV DPR RI, H. M. Salim Fakhry, SE, MM menggelar bimtek angkatan I peningkatan kapasitas petani dan penyuluh di Desa Ketambe, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), pada Jumat (31/3/2023).

Bimtek yang berlangsung itu diikuti peserta kelompok tani, yang dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI, H. M. Salim Fakhry, SE, MM, Direktur Perguruan Tinggi Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, Ir. Yuliana Kansrini M.Si, diwakilkan Rajendra Rohyat, Kepala Dinas Pertanian Aceh Tenggara, Riskan SP, Dan pos pol Ketambe, Dan pos Ramik Ketambe, Samsuariadi, Anggota DPRK Agara serta tamu undangan lainnya.

Bimtek tersebut, diprakarsai oleh anggota Komisi IV DPR-RI, H.M. Salim Fakhry SE, MM, sebagai wujud pemerintah dalam meningkatkan SDM Petani melalui pokok pikir anggota dewan tersebut.

Salim Fakhry berharap, kedepannya penyuluh dan petani yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menyerap apa yang disampaikan oleh pemateri, supaya hal tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas hasil pertanian seperti komoditi jagung hibrida,padi maupun komoditi lainnya.

Dalam sambutan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Medan yang diwakili oleh Rajendra Rohyat Sp, menyebutkan, bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh adalah salah satu peran pemerintah dalam mewujudkan petani Indonesia untuk menyongsong petani yang lebih berpenghasilan.

Dia mengatakan, petani yang berpenghasilan tentunya tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia yang memiliki pengetahuan dalam pemanfaatan dibidang-bidang sektor pertanian.

Terutama yaitu, dalam mengembangkan Program Kementerian Pertanian yang sedang dilaksanakan.

"Program Kementerian Pertanian yang melalui Badan Penyuluh, saat ini, mempunyai lima program unggulan diantaranya, Pengembangan wirausaha petani melalui Tani Apur, Pelatihan sejuta petani dan penyuluh kader Petani Melenial, Penguatan peran kelompok tani dan Kelembagaan Kelompok Tani, Lokot persentase melalui teknologi, Genta Organik (Gerakan Tani Pro Organik)," jelasnya.

Dia menjelaskan, dari lima program tersebut, semuanya sangat penting untuk dikembangkan.

Tujuannya, sebagai peningkatan kapasitas petani yang berpenghasilan, dan mampu menuju petani yang mandiri, terlebih dalam menggunakan pupuk organik dan hayati.

"Pemanfaatan pupuk organik dan pupuk hayati serta pembenahan tanah sebagai solusi terhadap 'masalah pupuk mahal', sangat penting didorong melalui gerakan tani pro organik. Untuk itu, materi bimtek ini akan dilaksanakan dengan metode pemanfaatan pupuk organik dan hayati," terangnya.

Seusai acara bimtek tersebut di tempat terpisah, Salim Fakhry memberikan bantuan 100 Kg beras kepada Yayasan Badrul Ulum di Desa Lawe Penanggalan Kecamatan Ketambe Aceh Tenggara.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut