get app
inews
Aa Read Next : Warga Palestina di Jalur Gaza Sholat Idul Fitri Dibawah Deras Hujan Direruntuhan Masjid dan Lapangan

Hari Ini Ribuan Umat Muslim di Aceh Pengikut Tarekat Syattariyah Melaksanakan Shalat Ied Idul Fitri

Kamis, 20 April 2023 | 14:06 WIB
header img
Ribuan Umat Muslim di Aceh Pengikut Tarekat Syattariyah Melaksanakan Shalat Ied Idul Fitri.(iNews/ Afsah).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id-Ribuan umat muslim pengikut tarekat syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Kamis (20/04/2023) pagi mulai melaksanakan shalat ied idul fitri 1444 hijriah.

Penetapan 1 syawal ini berdasarkan hitungan hisab atau bilangan lima yang dilakukan oleh sejumlah ulama pengikut habib muda seunagan.

Dimana sejak pagi ribuan umat muslim pengikut Tarekat Syattariyah Habib Muda Seunagan – Peuleukung Kamis pagi mulai berbondong - bondong menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat ied idul fitri 1444 hijriah.

Lantunan takbir menyambut hari raya idul fitri pun terus menggema di masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur,Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Penetapan 1 syawal ini berdasarkan hisab atau bilangan lima yang dilakukan oleh sejumlah ulama pengikut habib muda seunagan yang berpusat di Peuleukung Kabupaten Nagan Raya,Aceh.

Selain Kabupaten Nagan Raya, pengikut tarekat syattariyah ini juga melaksanakan ibadah shalat ied di sejumlah Kabupaten Di Aceh, seperti di Kabupaten Aceh Barat, Abdya, Gayo Lues, Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

Tarekat Syattariyah ini sebelumnya diperkenalkan oleh Abu Habib Muda Seunagan dan diikuti ribuan di Kabupaten Nagan Raya, tarekat syattariyah tersebut telah diikuti sejak 200 tahun silam.

Sementara itu, Teuku Raja Keumangan, Cucu Habib Muda Seunagan menyebutkan meski penetapan lebaran lebih awal dua hari dari jadwal yang ditentukan oleh Pemerintah pusat.

Namun para jemaah diimbau agar saling menghormati umat muslim lainnya yang masih menjalankan ibadah puasa.

Usai shalat ied idul fitri dilaksanakan para jamaah juga memanjatkan doa secara bersama-sama

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut