get app
inews
Aa Read Next : Teror Hewan Buas di Aceh Tengah, Ternak Warga Mati Mengenaskan

Ribuan Siswa SMA dan SMK di Aceh Tengah Pungut Sampah di Pante Menye Danau Lut Tawar

Minggu, 19 Mei 2024 | 02:31 WIB
header img
Ribuan Siswa SMA dan SMK di Aceh Tengah Pungut Sampah di Pante Menye Danau Lut Tawar.(iNews/ Yusriadi Yusuf).

ACEH TENGAH, iNewsPortalAceh.id – Lebih dari dua ribu siswa dan siswi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Aceh Tengah mengadakan aksi sosial pemungutan sampah di kawasan Danau Lut Tawar, Pante Menye, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah.

Aksi yang melibatkan ribuan siswa bersama aparat TNI dari Kodim 0106 Aceh Tengah, personil Polres, serta para guru yang bersama-sama membersihkan sampah di sepanjang pantai danau.

Sampah yang dikumpulkan terdiri dari plastik, kaleng, dan sisa makanan lainnya yang mengotori ujung Danau Lut Tawar. Tidak hanya membersihkan di pinggir danau, sejumlah siswa juga terjun langsung ke dalam air untuk mengutip sampah plastik yang berada di dalam danau.

Selain kegiatan pemungutan sampah, dilakukan pula penanaman pohon di kawasan Pante Menye untuk penghijauan, dengan harapan membuat danau lebih indah di masa depan.

Sekda Aceh Tengah, Subhandhy, menyambut baik gerakan tuntas sampah di Danau Lut Tawar ini. Ia menyatakan bahwa danau ini merupakan sumber kehidupan, tidak hanya karena airnya, tetapi juga sebagai sumber penghasilan warga dari kunjungan wisatawan.

"Gerakan hari ini akan mendorong masyarakat dan generasi muda untuk melestarikan alam danau, menjaga agar tidak ada sampah, dan bahkan mengubah sampah menjadi sumber ekonomi," ujar Subhandhy.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Tengah, Isma Hendra, menyampaikan bahwa kegiatan ini selaras dengan tema lingkungan yang ada dalam Kurikulum Merdeka.

Mengingat Aceh Tengah adalah wilayah wisata, aksi ini juga merupakan upaya menghubungkan kegiatan sekolah dengan realitas lapangan, menjawab keluhan pengunjung tentang kebersihan.

Salah satu peserta, Mahira Fauza, menyatakan bahwa para siswa sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk menjaga lingkungan.

"Kami sangat bersemangat ikut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian Danau Lut Tawar," ujar Mahira.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut