get app
inews
Aa Read Next : KIP Abdya Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih Pada Pemilu Serentak 14 Februari Mendatang

Pengembangan Potensi Masyarakat di Desa Sabang Melalui Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh CIMB Niaga

Rabu, 17 Mei 2023 | 19:34 WIB
header img
Pengembangan Potensi Masyarakat di Desa Sabang Melalui Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh CIMB Niaga.(Eka).

SABANG, iNewsPortalAceh.id -Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh yang sebelumnya telah dilaksanakan tiga kali, kini hadir kembali dengan Aceh berfokus pada pengembangan objek wisata, dengan tema utama “Creating Impact For The Golden Island Of Aceh”.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah karena Kejar Mimpi Aceh memiliki perhatian yang besar terhadap pengembangan potensi masyarakat Sabang, khususnya di bidang pariwisata yang masih berpeluang untuk bisa dikembangkan.

Karena itu, Kejar Mimpi Aceh hadir dengan ide ekspedisi yang datang ke Daerah 3T (Daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) untuk meningkatkan kapasitas pendidikan guna memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat daerah tersebut.

Sejalan dengan tema utama tahun ini yaitu “Creating Impact For The Golden Island Of Aceh”, acara ini juga bertujuan untuk merajut semangat #KejarMimpi bagi masyarakat di Pulau Weh melalui pengembangan objek wisata lokal, dengan peningkatan kapasitas masyarakat baik dari segi pendidikan maupun pemanfaatan potensi lokal dari komoditas utama sebagai peningkatan kreasi UMKM lokal demi kemajuan yang berkelanjutan bagi perkembangan objek wisata di Pulau Weh.

Dilatar belakangi dari komitmen Kejar Mimpi by CIMB Niaga untuk membantu generasi muda di Indonesia mewujudkan mimpi dan memberikan manfaat kepada sesama melalui berbagai kegiatan yang positif.

Melihat adanya persoalan ketidak merataan akses bagi anak-anak pada kondisi wilayah terpinggir, Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh Jilid 4 kembali hadir sebagai lanjutan yang telah sukses dilakukan pada 3 tahun berturut-turut.

Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh memiliki berbagai rangkaian program utama, yaitu: Dialog Mimpi (02 – 05 Mei 2023) Dialog Mimpi adalah ruang saling berbagi dan motivasi terkait dunia volunteering yang dilaksanakan melalui Instagram Live, dengan harapan membangun semangat #KejarMimpi dan berdampak melalui aksi yang nyata bagi seluruh generasi muda. Rabu, 02 Mei 2023 |

Dialog Mimpi Sesi 1 Alumni Talks : Berdampak Melalui Ekonomi Kreatif Narasumber : Rahmat Syifa – Alumni Volunteer Ekspedisi #3 Kamis, 03 Mei 2023 | Dialog Mimpi Sesi 2 Ekspedisi KM Aceh #4? Yakali Ga Kuy!

Narasumber : Lia Hanifa – Leader Komunitas Kejar Mimpi Aceh Jumat, 04 Mei 2023.

Dialog Mimpi Sesi 3 Alumni Talks : Pengembangan Kapasitas Pendidikan Melalui Volunteering Narasumber : Euis Putri Rahmadhani – Alumni Ekspedisi #2 Sabtu, 05 Mei 2023.

Dialog Mimpi Sesi 4 Menjadi Luar Biasa Melalui Volunteering Narasumber : Abdul Khalid Syahtama – Founder & president of Reswara Indonesia Sabtu, 13 Mei 2023.

1. Volunteering Pendidikan (Sabtu, 13 Mei 2023) di SDN 11 Sabang Launching Mural Kejar Mimpi by @twohouse.official Melaksanakan salah satu pilar Kejar Mimpi yaitu Pendidikan, salah satu kegiatan ekspedisi adalah volunteering di mana kegiatan ini dilaksanakan di sekolah dengan sasaran siswa kelas 1-6 SD.

Pembelajaran dilakukan dengan 2 tingkatan yaitu tingkat 1 terdiri dari kelas 1-3 dengan pembelajaran Pendidikan Karakter, Calistung, dan Mengenal sekaligus mewarnai Profesi.

Sedangkan Tingkat 2 yaitu kelas 4-6 akan menerima pembelajaran Fun English, Wawasan Kebangsaan, dan Tangga Mimpi.

Masing-masing program dikemas dengan berbagai games menarik sehingga siswa/i tidak mudah bosan.

Dan pada kegiatan volunteering pendidikan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif serta semangat #KejarMimpi bagi anak-anak di Desa Aneuk Laot, Sabang.

2. Volunteering Ekonomi Kreatif (Sabtu, 13 Mei 2023) di Aula Lantai 4 Kantor Walikota Sabang Kegiatan yang turut mendukung pengembangan ekonomi kreatif ini akan melibatkan seluruh masyarakat Pulau weh, Sabang.

Melalui program pembuatan pot dari sabut kelapa dan cocopeat, hal tersebut diharapkan dapat menjadi terobosan sekaligus inovasi terbaru bagi perkembangan UMKM dengan pemanfaat potensi lokal dari komoditas utama Pulau Weh, Minggu, 14 Mei 2023.

1. Kejar Mimpi Talks di Aula Lantai 4 Kantor Walikota Sabang Acara dengan format talkshow ini akan mengundang pembicara inspiratif yaitu Gita Melisa – Duta Wisata Sabang serta Wiwied Astuti – Co-Founder Kejar Mimpi by CIMB Niaga (atau Segment and Business Banking Head CIMB Niaga) untuk memberikan tips dan motivasi dengan tema “Peran Pendidikan dan Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Desa Wisata”.

2. Kejar Mimpi Peduli UMKM di Aula Lantai 4 Kantor Walikota Sabang Dengan melibatkan beberapa UMKM Desa Aneuk Laot melalui stan UMKM, demonstrasi pembuatan UMKM, dan dana pembenahan UMKM (Voucher UMKM) sebagai upaya branding, mempromosikan dan membantu perkembangan UMKM lokal.

3. Beach Clean Up di Pantai Kasih, Sabang Turut memberikan perhatian di bidang lingkungan, kegiatan Beach Clean Up dilaksanakan secara online dan offline.

Adapun kegiatan online yaitu Instagram Reels Challange dan kegiatan offline bertempat di Pantai Kasih, Sabang.

Pada kegiatan ini akan merangkul dinas, komunitas, sekaligus masyarakat setempat, sebagai salah satu bentuk kampanye pengembangan objek wisata melalui aksi peduli lingkungan.

Wiwied Astuti, selaku Co-Founder Kejar Mimpi by CIMB Niaga dan Segment and Business Banking Head CIMB Niaga mengapresiasi kegiatan Ekspedisi Aceh yang melibatkan banyak pihak dalam berbagai kegiatan sosial yang memberikan dampak pada masyarakat luas.

“Saya sangat terkesan dengan kegiatan Ekspedisi Aceh yang secara rutin dilakukan oleh KM Aceh setiap tahun. Melalui kegiatan ini, KM Aceh telah berhasil memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya,” ucap Wiwied.

“Saya mengapresiasi upaya KM Aceh dalam memperlebar dampak kegiatan Ekspedisi Aceh pada masyarakat luas. Dengan melibatkan banyak pihak dan melakukan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat, Ekspedisi Aceh telah berhasil meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat, khususnya kepulauan Sabang pada tahun 2023 ini,” lanjutnya.

“Ekspedisi Aceh juga berhasil membawa dampak positif pada lingkungan sekitar. Melalui kegiatan reboisasi dan pembersihan pantai, KM Aceh telah berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam Aceh dan sekitarnya.” Imbuh Wiwied yang turut hadir sebagai pembicara KM Talks di Ekspedisi Aceh.

Kegiatan ini tentunya diharapkan mampu menjadi satu suntikan positif dan dorongan yang menjadi semangat #Kejar Mimpi bagi masyarakat di Pulau Weh, Sabang. Melalui kegiatan Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh Jilid #4, semoga membawa sebuah solusi yang berkelanjutan serta berdampak kepada masyarakat di Pulau Weh, Sabang.

Melalui berbagai kegiatan-kegiatan positif dari pilar pendidikan dan juga ekonomi, hal tersebut sebagai sarana agar masyarakat setempat bisa terus semangat dalam mengejar mimpi melalui pengembanan objek wisata.

Leader Kejar Mimpi Aceh, Lia Hanifa mengatakan, Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh juga hadir untuk membagikan cerita serta motivasi terkait peran pendidikan dan ekonomi kreatif terhadap perkembangan desa wisata, serta sebagai ajang pengenalan dan kolaborasi komunitas kejar mimpi bagi dinas dan komunitas-komunitas yang ada di Pulau Weh, Sabang.

“Kegiatan Ekspedisi Aceh ini sangat seru dan semangat dari teman-teman yang mengikuti kegiatan ini menyalur dan merambat ke team KM Aceh sehingga kami berharap dampak yang baik dari kegiatan ini dapat terus menerus mereka rasakan,” ungkapnya.

CIMB Niaga berharap dengan hadirnya Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh yang ke 4 dapat menjadi sebuah terobosan terbaru yang berdampak positif bagi berbagai pihak yang terlibat, serta menjadi salah satu sumber semangat #KejarMimpi bagi masyarakat Desa Aneuk Laot dalam upaya pengembangan objek wisata lokal demi kemajuan dan pemberdayaan yang berkelanjutan bagi Pulau Weh, Sabang.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut