get app
inews
Aa Read Next : Material Biji Besi di Pelabuhan Tapaktuan Diduga Cemari Lingkungan

Bongkahan Batu Bara Cemari Pantai Peunaga Pasi di Aceh Barat

Kamis, 01 Juni 2023 | 11:59 WIB
header img
Ilustrasi tongkang batubara menuju laut lepas. (Foto: Dok/sindonews)

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Pantai Peunaga Pasi di Aceh Barat, Provinsi Aceh, tercemar. Pantai itu dicemari ribuan bongkahan batubara yang diduga berasal dari kapal tongkang.

Ribuan bongkahan batubara yang mencemari pantai satu persatu dikumpulkan oleh Warga Desa Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Peunaga Pasi Muhammad Nasir mengatakan, bongkahan batubara yang mencemari bibir pantai ini diduga tumpah di laut saat dimuat dan diangkut oleh kapal tongkang milik dua perusahaan tambang di wilayah itu.

"Sudah tiga hari tumpahan batubara mencemari pantai di tiga desa, yakni Desa Peunaga Rayeuk, Peunaga Pasi dan Peunaga Cut Ujong," kata Nasir, Kamis (1/6/2023).

Dia menambahkan, warga setempat ramai-ramai berinisiatif untuk mengumpulkan satu persatu bongkahan batubara yang berceceran di sepanjang bibir pantai.

"Bongkahan batu bara yang dikumpulkan ini nantinya akan dijual lagi oleh warga ke pihak perusahaan tambang batubara dihargai Rp25.000 per karung," katanya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut