get app
inews
Aa Read Next : Sim Salabim ! Saksi Bingung Suara Sah PSI di Banjar Kalsel dari 2.681 Jadi 17.693

8 Bacaleg DPRK Bener Meriah Gagal Lolos Uji Baca Al-Quran, 141 Tidak Hadiri

Senin, 12 Juni 2023 | 22:43 WIB
header img
8 Bacaleg DPRK Bener Meriah Gagal Lolos Uji Baca Al-Quran, 141 Tidak Hadiri.(iNews/ Yusriadi Yusuf).

BENER MERIAH, iNewsPortalAceh.id - Jadwal tes kemampuan baca Al-Quran untuk Bacaleg DPRK Bener Meriah dalam pemilu 2024 telah berakhir pada hari ini (12/6/2023).

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bener Meriah mengumumkan bahwa 8 Bacaleg tidak berhasil lolos dalam uji baca Al-Quran, sementara 141 Bacaleg DPRK Bener Meriah tidak hadir saat pelaksanaan tes kemampuan baca Al-Quran yang berlangsung di halaman Kantor KIP Bener Meriah sejak tanggal 6 hingga 12 Juni 2023.

Hasanah, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bener Meriah, menjelaskan bahwa sebelumnya terdapat 456 orang peserta Bacaleg yang terdaftar di tiga Daerah Pemilihan (Dapil) Bener Meriah.

"Batas akhir tes baca Al-Quran berakhir hari ini, dan terdapat 8 orang yang tidak lulus dan 141 orang yang tidak hadir," ujar Hasanah pada Senin (12/6/2023).

Hasanah menjelaskan bahwa Bacaleg yang tidak berhasil lolos terdiri dari lima orang dari dapil I, satu orang dari dapil II, dan dua orang dari dapil III.

Sementara itu, sebanyak 315 peserta Bacaleg telah mengikuti uji baca Al-Quran, dengan rincian seratus delapan orang dari dapil I, delapan puluh sembilan orang dari dapil II, dan seratus delapan belas orang dari dapil III.

Selain itu, 141 peserta tidak hadir dalam uji baca Al-Quran, terdiri dari empat puluh enam peserta dari dapil I, empat puluh peserta dari dapil II, dan lima puluh lima peserta dari dapil III.

Para peserta yang tidak lulus dianggap gugur untuk pemilu mendatang, sedangkan bagi peserta Bacaleg yang tidak hadir, partai politik dapat mengajukan pengganti dan mereka akan diwajibkan mengikuti ujian baca Al-Quran ulang," jelas Hasanah.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut