get app
inews
Aa Read Next : PUPR Mulai Aspal Halaman Kantor Bupati Aceh Barat

KMP Aceh Hebat 1 Mulai Layani Rute Pelabuhan Meulaboh - Sinabang

Senin, 24 Juli 2023 | 14:05 WIB
header img
KMP Aceh Hebat 1 Mulai Layani Rute Pelabuhan Meulaboh - Sinabang.(iNews/ Afsah).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id- Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Aceh Hebat 1 mulai melayani penumpang rute Meulaboh - Sinabang. Kapal yang menampung sebanyak 250 penumpang tersebut sudah tiga kali bersandar di Pelabuhan Bubon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat.

Hadir pelayaran KMP Aceh Hebat 1 di Aceh Barat ini disambut baik oleh sejumlah warga dan para penumpang, sebab dinilai selain untuk memudahkan tranportasi warga juga berdampak kepada peningkatan ekonomi bagi daerah tersebut.

Tokoh masyarakat Desa Tengoh, Kecamatan Samatiga, Agus Saputra mengatakan dengan aktifnya penyeberangan Kuala Bubon tersebut sangat membantu masyarakat terutama bagi warga yang hendak menuju ke Kabupaten Simeulue.

"Kami sangat mengapresiasi Pemerintah yang telah menghidupkan kembali rute Meulaboh - Sinabang tersebut sehingga bisa memudahkan penumpang dan bisa juga meningkatkan perekonomi warga disekitar pelabuhan terutama yang berjualan," kata Agus.

Selain itu juga kata Agus, selama ini di Pelabuhan Bubon hanya dilayani oleh KMP Teluk Sinabang, namun saat ini Aceh Hebat I juga sudah mulai melayani penumpang sehingga aktivitas transportasi laut kembali normal.

Sementara itu Sementara Ketua Persatuan Sopir Lintas Simeulue (PSLS) M Yahya, menyampaikan, bahwa fasilitas yang tersedia di pelabuhan Kuala Bubon menurut mereka sangat mendukung dan jauh lebih sempurna dibandingkan dengan pelabuhan Calang, Aceh Jaya.

"Kami menyambut baik Aceh Hebat I layani Meulaboh - Sinabang. Kami bersyukur aktifnya kembali pelabuhan Kuala Bubon ini. Fasilitas yang ada di pelabuhan ini sangat mendukung, baik untuk kami sopir, truk dan penumpang juga tidak kesulitan," katanya.

Kata Yahya, fasilitas parkir kendaraan di pelabuhan Kuala Bubon Meulaboh sangat memadai, meskipun jarak tempuh mereka dari tempat pengambilan barang lebih dekat dengan Pelabuhan Calang, tetapi fasilitas di sana sangat membuat sopir kesulitan.

"Selama ini kami kesulitan membawa sembako melalui Pelabuhan Calang sebab tidak dapat parkir di pelabuhan, jadi kalau di Aceh Hebat sudah di beroperasi di Meulaboh sangat membantu kami para sopir sebab area parkirnya luas," pungkasnnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut