get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Bireuen ke Rumah Duka Anggota KPPS di simpang Mamplam

Selamatkan Generasi Muda dari Bahaya Narkoba, Pemkab Minta IKAN Ikut Serta Mendukung

Selasa, 25 Juli 2023 | 10:05 WIB
header img
dalam upaya menyelamatkan generasi muda dari dampak negatif penyalahgunaan narkoba.(iNews/ Musriadi).

BIREUEN, iNewsPortalAceh.id-Pengurus Inspirasi Keluarga Anti Narkoba (IKAN) Kabupaten Bireuen diminta untuk ikut serta mendukung pemerintah dalam upaya menyelamatkan generasi muda dari dampak negatif penyalahgunaan narkoba.

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Kabupaten Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D , Sabtu (22/7/2023), saat menghadiri acara pelantikan pengurus DPD IKAN Kabupaten Bireuen periode 2023-2028, dilaksanakan di Kampus Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh, Paya Lipah, Peusangan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum DPP IKAN Aceh, Syahrul Maulidi, SE., M.Si., secara resmi melantik, Mukhlis Aminullah, SE.,MM sebagai Ketua DPD Ikan Kabupaten Bireuen periode 2023-2028, bersama 40 pengurus lainnya.

"Semoga seluruh pengurus baru ini, mampu melaksanakan amanah dan tanggung jawab organisasi dengan sebaik, serta turut mendukung pemerintah dalam upaya melindungi generasi muda Kabupaten Bireuen dari dampak negatif penyalahgunaan narkoba,” harapnya.

Menurut dia, perang terhadap penyalahgunaan narkoba tidak dapat dilakukan oleh pemerintah semata, namun perlu dukungan dan sinergitas bersama.

Baik dari unsur LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tenaga pendidik, para mahasiswa, maupun unsur terkait lainnya, yang akan menjadi aspek penting dalam upaya mencegah dan memberantas narkoba.

Ia optimis, momentum pelantikan ini dapat dimaknai sebagai garis awal kepemimpinan baru DPD- IKAN Kabupaten Bireuen, untuk dapat menunjukkan eksistensi dan kontribusi dalam mendukung pemerintah mewujudkan Kabupaten Bireuen yang bermartabat, berakhlak mulia, dan bebas dari narkoba.

Ibu Darwati A.Gani (Anggota Dewan DPR A) Sebagai Dewan Penasehat Ikatan Keluarga Anti Narkoba (IKAN ) mengatakan, kepengurusan baru IKAN Kabupaten Bireuen juga dapat menjadi pionir untuk menjaga dan membentengi para generasi muda dari pengaruh buruk penyalahgunaan narkoba.

"Kami mendorong agar IKAN Kabupaten Bireuen dapat tampil sebagai model gerakan organisasi yang progresif, serta mampu menjawab dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap bahaya narkoba, sehingga mampu meminimalisir peredaran dan penyalahgunaannya,” papar dia.

Selain itu, IKAN diminta mampu melahirkan berbagai program kerja yang dapat menjadi langkah dalam memutus mata rantai penyalahgunaan narkoba dan melakukan pencegahan yang melibatkan para alim ulama dan media massa, sehingga edukasi dan sosialisasi terkait dampak negatif penyalahgunaan narkoba dapat menjangkau masyarakat secara luas.

Dikatakannya, bahwa aspek pencegahan menjadi faktor kunci untuk menyelamatkan para generasi muda.

Sehingga dalam hal ini, pemerintah bersama unsur TNI, Polri, Kejaksaan, BNNK, dan seluruh LSM merupakan satu kesatuan yang harus terus memperkuat komitmen dalam menjalankan program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Sementara itu Ketua Umum DPD IKAN Bireuen Mukhlis Aminullah, dalam pidato perdananya menyampaikan, Insya Allah, kami pengurus DPD IKAN Bireuen, akan berinovasi dan melakukan beberapa kegiatan yang berdampak positif bagi generasi kedepan.

Selain itu, akan membentuk jaringan-jaringan kebawah seperti ditingkat kecamatan, gampong (desa) dan sekolah-sekolah.

"Turut hadir dalam pelantikan itu Pengurus DPD IKAN Bireuen, siap menjadi mitra Pemkab, Forkopimda, BNN ketua organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, unsur partai politik, unsur pelajar dan mahasiswa, serta unsur wartawan dan Instansi lainnya, dalam hal edukasi terkait pencegahan narkoba," kata Mukhlis Aminullah.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut