get app
inews
Aa Read Next : Viral di Medsos Pria Sulap Motor PCX Jadi Perontok Jagung

Viral, Pengemis Bisa Kumpulkan Uang Hingga Rp50 Juta

Sabtu, 02 September 2023 | 07:14 WIB
header img
Pengemis ini mendadak viral. Betapa tidak, hanya dengan mengemis, dia mampu menyimpan hingga Rp50 juta lebih. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id- Seorang pengemis ini mendadak viral. Betapa tidak, hanya dengan mengemis, dia mampu menyimpan hingga Rp50 juta lebih.

Fakta itu terungkap ketika Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor mengevakuasi terhadap seorang pengemis di area Alun-Alun Kota Bogor pada hari Kamis (31/8/2023).

Saat petugas memeriksa, mereka menemukan sejumlah uang yang jumlahnya mencapai puluhan juta rupiah disembunyikan di dalam celana pengemis tersebut.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, Dody Wahyudin, menginformasikan bahwa pengemis yang bernama Erik dan berasal dari Ciomas, Kabupaten Bogor.

Dia telah dijemput oleh adiknya dan pihak pengelola wilayah tempat tinggalnya pada malam Kamis (31/8/2023).

"Dalam kejadian semalam, pukul 20.45 WIB, keluarga dan perwakilan desa tempat tinggal Erik, yang merupakan individu dengan disabilitas mental dan telah kita evakuasi di Alun-Alun, sudah tiba. Kami juga telah memberikan uang tunai sebesar Rp56,9 juta,”kata Dody pada Jumat (1/9/2023).

Berdasarkan keterangan dari keluarga , diketahui bahwa Erik memang seringkali melakukan pengemis.

Uang puluhan juta yang ditemukan oleh petugas dipastikan berasal dari hasil mengemis.

"Dari keterangan adik kandungnya dan pihak desa setempat, uang tersebut memang benar-benar hasil dari mengemis. Uang puluhan juta rupiah tersebut diperolehnya melalui kegiatan mengemis yang dilakukannya setiap hari," tambahnya.

Dengan demikian, masyarakat diimbau untuk memberikan sumbangan atau sedekah mereka di tempat-tempat resmi.

Dinsos juga akan terus melakukan upaya untuk mengidentifikasi dan memberikan bantuan kepada Para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kota Bogor.

"Dalam memberikan sumbangan atau sedekah, disarankan agar langsung diberikan melalui lembaga amal atau lembaga zakat yang telah resmi, dan diharapkan untuk tidak memberikan kepada pengemis atau PPKS, karena selain berisiko, tindakan tersebut juga dapat mengganggu lalu lintas," saran Dody.

Sementara itu, adik kandung Erik yang bernama Ester, mengaku bahwa ia tidak mengetahui jumlah uang yang dibawa oleh kakaknya meskipun mereka tinggal bersama setiap hari.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut