get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Perempuan Cantik Melly Puspita, Anak Penjual Bubur Lulus Predikat Cumlaude dari ITB

Ternyata Membantu Palestina Hukumnya Wajib !

Kamis, 09 November 2023 | 22:33 WIB
header img
Penulis : Yusnidar (Mahasiswa Pasca Sarjana Hukum USK).

“Kita sebagai umat islam harus menyadari bahwasanya mereka (Palestina) adalah saudara kita. Maka kita harus menolongnya dengan doa, harta, dan dengan jiwa kita,” kata ustadz Khalid Basalamah. oleh karena itu jangan berhenti bersuara.

Kadang kita merasa putus asa, melihat sudah banyak informasi dan berita serta fakta terkait apa yang terjadi di Palestina berseliweran begitu menyayat hati. Korban jiwa yang berjatuhan kini bahkan lebih banyak dari anak-anak.

Rasanya sakit hati dan hampir putus asa melihat apa yang terjadi, tapi kok perang masih saja berlanjut, kita seakan tak berdaya hanya mampu menyaksikan kebiadaban terus terjadi di tanah Palestina, khususnya Gaza.

Dalil-dalil dalam Al-Quran dan Sunnah memerintahkan umat islam untuk bersolidaritas terhadap muslim lainnya yang tertindas dan terzalimi.

“Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh Allah maha perkasa, Maha Bijaksana.” (QS 9:71).

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk membantu masyarakat Palestina? Nyatanya membantu palestina adalah kewajiban kita sebagai sesama muslim, banyak hal yang dapat kita lakukan meski hanya hal-hal kecil sesuai dengan kemampuan kita, misalnya bantu donasi, ikut aksi memberikan dukungan moril, hindari produk Israel, edukasi anak-anak kita, serta panjatkan doa yang tiada putus.

Begitulah kewajiban solidaritas yang diperintahkan Allah Ta’ala dan rasuln-Nya. Maka sudah menjadi kewajiban kita bersolidaritas terhadap saudara-saudara kita di palestina yang menderita dengan ikut merasakan penderitaan mereka, peduli serta empati terhadap mereka, membantu memenuhi kebutuhan mereka dan membela mereka.

Tentu kita sangat menyayangkan sikap dari pemimpin-pemimpin negara di dunia khususnya negara muslim yang hanya bisa menjadi penonton atas tragedi kemanusiaan ini, bahkan Amerika dan negara-negara sekutunya turut serta membantu israel untuk memerangi pejuang Hamas.

Semoga Gencatan senjata segera terjadi dan perang segera usai. AAmiin...

 

Penulis :

Nama : Yusnidar, SH

NPM : 2303202010031.

Magister Kenotariatan 2023.

UNIVERSITAS SYIAH KUALA (USK).

 

 

 

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut