get app
inews
Aa Read Next : Israel Balas Serangan Iran, Rudal Hantam Bandara di Iran

Kebiadaban Israel, Bombardir 3 Rumah Sakit di Gaza

Jum'at, 10 November 2023 | 20:12 WIB
header img
Keterangan Foto :Pasukan Israel membombardir setidaknya tiga rumah sakit di Jalur Gaza, termasuk Al Shifa (Foto: Reuters)

GAZA, iNewsPortalAceh.id - Pasukan Israel terus mempertontonkan pelanggaran hukum internasional di hadapan banyak orang. Setidaknya tiga rumah sakit di Jalur Gaza, Palestina, baik di dalam kompleks maupun sekitarnya, menjadi target serangan tentara Zionis, Jumat (10/11/2023).

Serangan tersebut semakin membuat sistem layanan kesehatan di Gaza, yang sebelumnya sudah rapuh, menjadi dalam kondisi bahaya. Rumah-rumah sakit tersebut tak hanya merawat para korban perang, melainkan para pengungsi yang kehilangan tempat tinggal.

Israel berdalih rumah sakit tersebut dijadikan markas para pejuang Palestina, tuduhan yang berkali-kali dibantah. Sebaliknya, kelompok perlawanan seperti Hamas menuduh balik Israel menjadikan alasan itu untuk membantai warga sipil atau genosida.

“Pendudukan Israel melancarkan serangan serentak terhadap sejumlah rumah sakit selama beberapa jam terakhir,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Ashraf Al Qidra, dikutip dari Al Jazeera.

Dia menambahkanb, Israel menargetkan halaman RS Al Shifa, rumah sakit terbesar di Kota Gaza, hingga menyebabkan banyak orang tewas.

Kementerian kesehatan mengungkap 18 dari 35 rumah sakit di Gaza serta 40 fasilitas kesehatan lainnya tidak bisa beroperasi karena hancur akibat pengeboman Israel atau kekurangan bahan bakar untuk listrik.

Sementara itu media Palestina merilis rekaman video kondisi Al Shifa. Gambar menunjukkan dampak serangan Israel di halaman parkir, tempat yang digunakan para pengungsi Palestina berlindung. Tampak beberapa orang tewas.

“Dengan serangan dan pertempuran yang sedang berlangsung di dekat (Al Shifa), kami sangat prihatin dengan kesejahteraan ribuan warga sipil di sana, banyak di antaranya anak-anak yang mengupayakan perawatan medis dan perlindungan,” kata Human Rights Watch, dalam pernyataan di X.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut