get app
inews
Aa Read Next : Salurkan Bantuan, Danyon Brimob Blusukan Temui Masyarakat Terisolir Aceh Utara

Koperasi Bahtera Salurkan 50 Ribu Bibit Pohon untuk Peningkatan Ekonomi Petani Binaan

Rabu, 15 November 2023 | 06:13 WIB
header img
Koperasi Bahtera Salurkan 50 Ribu Bibit Pohon untuk Peningkatan Ekonomi Petani Binaan.(iNews/ Yusriadi Yusuf).

BENER MERIAH, iNewsPortalAceh.id - Koperasi Produsen Bersama Mandiri Sejahtera (Bahtera) menyalurkan 50.000 bibit pohon kepada masyarakat di Kabupaten Bener Meriah. Penyerahan simbolis dilakukan di kantor koperasi Bahtera, jalan Blang Jorong, Pondok Baru, Kampung Tawar Sedenge, Kecamatan Bandar, kabupaten setempat (20/10/2023).

Ketua Koperasi Bahtera, Halwantoni, menjelaskan bahwa penyaluran tahap ketiga ini bertujuan untuk 431 petani di 9 desa, melibatkan 3 kecamatan di Kabupaten Bener Meriah.

Desa-desa tersebut antara lain Kenawat, Mupakat Jadi, Paya Ringkel, Paya Bener, Bener Pepanyi, Sepakat, Jelobok, Darus, dan Al Ikhwan.

"Penyaluran ini mencakup 431 petani dengan total 50.000 bibit yang disalurkan," ungkap Halwantoni.

Bibit-bibit ini akan disalurkan sesuai permintaan dan kebutuhan petani, termasuk jenis pohon seperti alpokat unggul, jeruk unggul, pete papan unggul, durian unggul, mahoni, dan gaharu.

Kenara, perwakilan NGO Perlindungan Lingkungan Pur Project berbasis di Paris, Prancis, menekankan pentingnya program ini dalam meningkatkan ekonomi warga.

Dengan proporsi 60 persen pohon buah dan 40 persen pohon kayu, program ini bertujuan mencapai keseimbangan antara ekonomi dan lingkungan.

"Program ini memiliki tiga pilar utama, yaitu peningkatan ekonomi, penyelamatan lingkungan, dan aspek sosial," kata Kenara.

Program ini fokus pada petani dengan lahan kosong, terutama di kawasan penyanggah hutan.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut